Skip to content

Pesepeda Motor Seperti Ini Jadi Sasaran Operasi Patuh 2016

15 Mei 2016

bertiga tak helm kampung

Genderang Operasi Patuh sudah ditabuh. Kali ini bergulir 14 hari dalam rentang, 16-29 Mei 2016 serentak di seluruh Indonesia.

Nah, khusus pesepeda motor yang menjadi sasaran penindakan atau tilang antara kain; kelengkapan surat-surat kendaraan, pengendara melawan arus, pelat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, dan pembonceng tidak pakai helm atau dua-duanya.

Lalu, motor tidak di lajur kiri (apabila ada lajur kanalisasi), harus nyala lampu besar pada siang hari, dan melanggar lampu merah. Sekain itu, melanggar marka jalan dan garis setop, serta naik motor lebih dari dua orang.

Sementara itu, untuk pengendara mobil ada enam sasaran, yakni pelat nomor tidak sesuai spectec/aslinya, tempel logo/simbol pada pelat nomor, dan pakai rotator/sirene pada mobil pribadi. Lalu, tidak pakai sabuk pengaman, melanggar lampu merah, serta melanggar marka jalan dan garis setop.

Maklum, tujuan pertama Operasi Patuh  2016 ini adalah memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan. Sedangkan, tujuan keduanya pun menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

Oh ya, Operasi Patuh melibatkan beberapa pemangku kepentingan, yaitu Dinas Perhubungan (Dishub), TNI, PM, dan Garnisun. TNI, Garnisun, dan PM menindak kendaraan yang memakai atribut TNI, sedangkan Dishub menindak angkutan umum dan angkutan barang.

Untuk angkutan umum yang dikenai tilang, di antaranya naik turun penumpang tidak pada tempatnya, mobil pelat hitam dipakai ompreng/angkutan umum, melanggar letter “P”, melanggar letter “S”, dan melanggar lampu merah.

Nah, Operasi Patuh akan digelar dua sampai tiga kali sehari, tergantung kondisi dan perkembangan situasi di lapangan.

Khusus di Jakarta, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, Operasi melibatkan 2.199 personel “Pelibatan personel 2.199 orang. Meliputi Satgas Polda 1.009 personel dan Polres 1190 personel,” kata dia di Jakarta, baru-baru ini.

Di Jakarta, tujuan Operasi Patuh Jaya adalah terwujudnya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran serta kemacetan.

“Selain itu, meningkatkan kepatuhan, ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas di jalan,” tegas dia. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: