Skip to content

Ketemu Pertamini di Jalur Gunung Padang

12 Mei 2016

pertamini gn padang

HAL yang menyebalkan saat berkendara jarak jauh salah satunya adalah kehabisan bahan bakar minyak (BBM). Karena itu, kerap kali saat menempuh perjalanan lebih dari 100 kilometer (km) salah satu yang dipelajari adalah titik-titik SPBU di jalur yang akan dilintasi.

Biasanya trik yang dipakai adalah dengan mengisi penuh tanki BBM sepeda motor di SPBU terakhir. Saat benar-benar kesulitan mendapatkan SPBU selanjutnya, pilihan jatuh pada tukang bensin eceran. Tentu, risikonya adalah harga yang lebih tinggi dibandingkan SPBU.

Kini, kita disodori fakta tentang hadirnya penjualan BBM eceran dengan merek Pertamini. Di pelosok-pelosok seperti di jalur wisata Kawah Darajat (Garut) dan Ujung Genteng (Sukabumi), Jawa Barat, saya pernah menjumpai Pertamini. Mereka melayani pembelian BBM secara eceran, entah dari penduduk setempat atau pengendara yang kehabisan bahan bakar.

Satu lagi lokasi yang saya jumpai keberadaan Pertamini adalah di jalur menuju kawasan wisata Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. Di sepanjang 20 km menuju Situs Megalitik itu tidak terdapat SPBU. Praktis, kehadiran Pertamini menjadi solusi bagi pengendara yang membutuhkan BBM.

Di jalur itu, saya menjumpai Pertamini di dekat gerbang kawasan wisata. Tampilan Pertamini cukup mencolok yakni berwarna merah sehingga memudahkan pengendara yang sedang membutuhkan BBM. Di bagian kotak Pertamini selain warna merah layaknya SPBU Pertamina, juga terdapat logo Pertamina.

Soal harga, Pertamini itu membanderol Rp 10 ribu untuk Pertamax. Lalu, Rp 8.500 untuk Pertalite dan Rp 7.500 untuk Premium.

Ngomong-ngomong Pertamini itu apa hubungannya sih dengan Pertamina?

“Pertamini bukan program ritel dari Pertamina, itu adalah inisiatif masyarakat,” ujar seorang jurnalis senior di bidang pertambangan dan migas, saat berbincang dengan saya, di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2016.

Oh gitu. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: