Skip to content

Ini Separator Busway yang Perlu Diwaspadai

10 Mei 2016

separator busway jaksel

SEPARATOR busway di Jakarta perlu diwaspadai. Maklum, pada 2015, kecelakaan yang dipicu infrastruktur jalan itu merenggut 32 korban dimana 25% korbannya berujung pada kematian.

Supaya sama persepsi kita, defenisi jalan adalah seluruh bagian jalan termasuk bagian pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukan bagi lalu lintas umum. Lalu, berada di permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan / atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan rel dan jalan kabel.

Nah, kata AKBP Budiyanto, kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, separator merupakan bagian dari bagunan pelengkap jalan yang membatasi antara lajur satu dengan lajur lainnya yang membentuk suatu ruang lalu lintas yang dapat diperuntukan untuk lalu lintas umum.

Begitu pentingnya fungsi separator sehingga pemasangannyapun dari aspek keamanan dan keselamatan menjadi prioritas. “Namun demikian dari hasil pemantauan di lapangan masih didapatkan pemasangan separator yang memisahkan jalur khusus dgn reguler, dari aspek keamanan dan keselamatan tampaknya masih diabaikan,” tegas dia, dalam pesan tertulisnya, Senin, 9 Mei 2016 malam.

Ada tiga yang masuk kategori tersebut, yang mencakup pertama, tidak ada tanda-tanda khusus/rambu-rambu yang jelas. Misal, mata kucing yang bisa memantulkan cahaya.

Kedua, standard separator masih bervariasi termasuk bahan maupun bentuknya.

Ketiga,
luas / kapasitas jalan yang tidak sama sehingga berakibat pada penyempitan dan / atau botle neck.

“Situasi yang tergambarkan di atas berdampak pada sirkulasi / kelancaran arus lalu lintas bahkan dapat berakibat pada fatalitas laka lantas,” tegas Budiyanto.

Dalam catatan Ditlantas Polda Metro Jaya, pada 2015, terjadi 27 kasus kecelakaan lalu lintas jalan yang dipicu aspek separator busway. Akibat kecelakaan tersebut 32 orang menjadi korban yang 25% diantaranya meninggal dunia. Lalu, sekitar 53% menderita luka ringan dan 22% menderita luka berat. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 11 Mei 2016 10:29

    pengguna jalan harus hati-hati dan pemerintah harus memperbaiki tingkat keamanan separator busway ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: