Skip to content

Wahana Mengukur Kemampuan Teori dan Praktik Lewat Kompetisi

4 April 2016

Safety Riding SMA Yapermas resize

KESADARAN berlalu lintas jalan yang aman dan selamat butuh terus digaungkan. Bukan apa-apa, jalan raya kita masih punya catatan kelam dengan bergelimpangannya 70-an nyawa setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

Edukasi dan pelatihan soal keselamatan jalan (road safety) menjadi upaya penting dalam menanamkan kesadaran tersebut. Tentu, termasuk keselamatan bersepeda motor (safety riding) mengingat sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan.

Edukasi berupa teori dan pelatihan berupa praktik sebuah paduan penting dalam mencetak kesadaran pengguna jalan yang humanis. Setidaknya, memangkas fatalitas yang mungkin ditimbulkan kecelakaan di jalan.

Di antara sekian banyak elemen masyarakat yang menyadari hal itu adalah PT Wahana Makmur Sejati (Wahana). Agen utama sepeda motor merek Honda kawasan Jakarta dan Tangerang ini gencar merangsek komunitas dan kalangan dunia pendidikan. “Pemberian edukasi safety riding tidak bisa sekali datang lalu berhasil,” kata Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, Agus Sani, dalam publikasinya di Jakarta, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, dalam rentang Januari hingga Maret 2016, pihaknya mengedukasi 2.350 siswa. Jumlah tersebut, jelasnya, akan bertambah mengingat masih banyak agenda edukasi dan kampanye safety riding tahun ini.

Bahkan, kata dia, selain edukasi berupa teori, pihaknya menggelar kompetisi safety riding pada 2016. “Kompetisi itu, dinilai sebagai salah satu sarana untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyerap teori dan praktik.” kata Wiyarto Mulyono, group head of External Affairs, Wahana Makmur Sejati, dalam publikasi yang sama.

Dia berharap, siswa yang mengikuti kompetisi menjadi role model sekaligus duta safety riding di sekolah dan lingkungannya. “Kompetisi safety riding tingkat SMK ini baru pertama kali diadakan di Indonesia dan pionernya adalah Wahana Makmur Sejati,” kata Wiyarto. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 5 April 2016 09:19

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: