Skip to content

Tabrak Lari Kian Meruyak di Jakarta

31 Maret 2016

IMG-20160330-WA0009

KASUS tabrak lari di Jakarta dan sekitarnya kian meruyak pada 2015. Tahun itu, setiap harinya rerata terjadi lima kasus tabrak lari.

Bila dibandingkan dengan periode sama 2014, kasus tabrak lari di wilayah hukum Ditlantas Polda Metro Jaya melonjak 12,23% pada 2015. Oh ya, wilayah hukum itu mencakup Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

“Kasus tabrak lari adalah suatu tindak pidana kejahatan,” tukas Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, dalam pesan tertulisnya kepada saya di Jakarta, Rabu, 30 Maret 2016.

Menurut dia, kasus tabrak lari menunjukan angka yang fantatis sekaligus cukup memprihatinkan. Ada sejumlah alasan yang melatar belakangi sang pelaku kecelakaan melarikan diri. “Pertama, takut karena pertimbangan keamanan,” katanya.

Lalu, tidak tahu harus berbuat apa. Selain itu, ingin lepas dari tanggung jawab hukum.
Dia menjelaskan, pengemudi kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan lalu lintas, wajib menghentikan kendaraannya. Lalu, memberikan pertolongan kepada korban dan melaporkan kecelakaan kepada Kepolisian Negara RI terdekat. “Selain itu, memberikan keterangan terkait kecelakaan,” katanya.

Hal tersebut, tambahnya, diatur dalam pasal 231 UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Nah, lanjutnya, bagi mereka yang terlibat dalam kecelakaan kemudian tidak melakukan tindakan seperti yang dimaksud di atas itulah masuk kategori melakukan tindak pidana kejahatan. Dalam pasal 312 UU yang sama, pelaku tabrak lari diancam sanksi pidana penjara maksimal tiga tahun atau denda paling banyak Rp 75 juta. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: