Skip to content

Mencuat Aksi Menentang Angkutan Ilegal

21 Maret 2016

macet jakarta gatsu 2015

INFORMASI yang beredar menyebutkan bahwa Selasa, 22 Maret 2016 pagi bakal terjadi unjuk rasa penuntutan pembekuan operasi angkutan berbasis aplikasi. Tuntutan dari Paguyuban Pengemudi Angkutan Darat (PPAD) dan Forum Komunikasi Masyarakat Penyelenggara Angkutan Umum (FK MPAU) mengarah pada aplikasi Grab dan Uber yang kini sedang naik daun.

“Selasa, 22 Maret 2016 pukul 09.00, PPAD yakni taxi, angkutan bus kecil, dan Bajaj, berencana unjuk rasa di depan Gd DPR / MPR RI dengan estimasi 5 ribu orang,” ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, dalam pesan tertulisnya, Senin, 21 Maret 2016 malam.

Dia mengatakan, aksi juga akan digelar di kantor Kemenko Info yang diwakili oleh 30 orang. Sedangkan tuntutan aksi itu adalah permintaan pembekuan aplikasi angkutan ilegal pelat hitam, yakni Grab dan Uber.

Selain itu, kata dia, pada pukul 07.00 WIB, FK-MPAU terdiri atas kalangan angkot KWK dan Mikrolet akan berunjuk rasa di depan Istana Negara, Balai Kota DKI Jakarta, dan DPRD DKI Jakarta. Diperkirakan ada 500 unit KWK dan massa sekitar 3.000 orang.

Aksi FK-MPAU mengusung tuntutan pencabutan Surat Edaran BPTSP No. 3640/ -1.818/I tentang Masa Berlaku Angkutan Umum. Lalu, meminta revisi Perda No. 5 tahun 2014 tentang Transportasi.

Menurut Budiyanto, para peserta aksi PPAD akan berkumpul di Parkir Timur Senayan untuk selanjutnya menuju Gedung DPR/MPR RI. Mereka bergerak dari titik kumpul di Terminal Senen, Terminal Tj. Priok, Terminal Kalideres/Citraland (untuk Bajaj), Terminal Blok. M, dan Terminal Kp. Melayu.

Sementara itu, untuk FK-MPAU, massa bergerak dari titik kumpul menuju IRTI /Monas, kendaraan parkir di IRTI dan selanjutnya secara bersamaan bergerak menuju Istana Negara, Balai Kota DKI Jakarta, dan Gedung DPRD DKI Jakarta.

“Dimungkinkan terjadinya kemacetan arus lalu lintas di Jl. Gatot Subroto depan gedung DPR MPR, Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Barat dan Kebon Sirih,” kata Budiyanto.

Bahkan, kemungkinan juga terlantarnya masyarakat pengguna angkutan umum. Terkait hal itu dia mengusulkan adanya penyiapan armada angkutan untuk mengangkut calon penumpang yang terlantar khususnya pada Selasa pagi saat masyarakat berangkat kerja atau sekolah. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: