Skip to content

Kata Polisi, 74% Pelanggar Lalin Adalah Pesepeda Motor

19 Maret 2016

razia lalin motor

Mayoritas pelanggar aturan lalu lintas jalan di Jakarta dan sekitarnya adalah pesepeda motor. Lihat saja data Ditlantas Polda Metro Jaya, pada 2015, sekitar 74% pelanggar lalin adalah para penunggang kuda besi.

Fakta data itu menjadi logis bila merujuk pada data populasi kendaraan bermotor di wilayah itu yang juga didominasi roda dua. Hingga akhir 2014, jumlah kendaraan di wilayah ini mencapai sekitar 17,5 juta unit. Dari total kendaraan bermotor, sepeda motor menyumbang sekitar 75% atau setara dengan sekitar 13 juta unit.

Dalam keseharian, di sekitar kita juga dapat ditemui dengan mudah pelanggaran yang dilakukan pesepeda motor. Contoh, pelanggaran marka jalan di perempatan lampu merah.

Oh ya, tahun 2015, pelanggaran yang dilakukan para penunggang kuda besi tercatat melonjak 19%. Bila pada 2014 tercatat rata-rata terjadi 1.699 kasus, setahun kemudian melonjak menjadi kasus 2.110 per hari.

Sekalipun dari keseluruhan kasus pelanggaran terjadi peningkatan, namun khusus untuk pelanggaran soal helm justeru menurun tipis, yakni 2%. Tahun 2015, kasus pelanggaran helm tercatat rata-rata per hari sebanyak 231 kasus. Padahal, setahun sebelumnya tercatat 236 kasus per hari.

Nah, data yang dipublikasi oleh Ditlantas Polda Metro Jaya itu adalah kasus pelanggaran yang ditindak oleh petugas. Boleh jadi jumlah kasus pelanggaran yang sejatinya lebih banyak lagi. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: