Skip to content

80% Korban Tewas Kecelakaan Adalah Pesepeda Motor

16 Maret 2016

garis polisi awan1

Sekitar 80% korban tewas akibat kecelakaan di Jakarta dan sekitarnya adalah pesepeda motor. Data yang dilansir Ditlantas Polda Metro Jaya periode dua pekan terakhir itu juga menegaskan bahwa setiap hari rata-rata 13 sepeda motor terlibat kecelakaan.

“Kecelakaan yang melibatkan pesepeda motor sepanjang 26 Februari-10 Maret 2016 sebanyak 180 kasus,” kata AKBP Budiyanto, kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, dalam pesan tertulisnya, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut dia, korban tewas dari kalangan pesepeda motor sebanyak 20 orang, sedangkan total korban akibat kecelakaan pada periode itu sebanyak 25 jiwa. Sementara itu, total korban luka ringan, luka berat, dan meninggal dunia dari seluruh kasus kecelakaan tercatat 279 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 242 orang adalah pesepeda motor.

Budiyanto menegaskan, masyarakat pengguna jalan untuk sama-sama membangun mindset bahwa pada saat melaksanakan aktivitas di jalan dapat berakibat pada kecelakaan lalu lintas. Semua pengguna jalan mesti terus belajar untuk sama-sama membangun empati dari kejadian kecelakaan yang pernah terjadi. Termasuk, atas konsekuensi-konsekuensi dampak dari kecelakaan.

“Hal itu untuk membangun budaya tertib berlalu lintas di tengah kesibukan aktivitas manusia,” tegasnya. (edo rusyanto)

Iklan
3 Komentar leave one →
  1. 16 Maret 2016 14:32

    soalnya rata2 biker bawa motornya ngaco. maen selap selip ga tau aturan, asal dirinya bisa lewat ya masabodoh orang mau terlindas truk, masuk jurang dan kecelakaan mengerikan lainnya. Selain itu juga banyak biker tukang makan jalur orang, belok nggak pake lampu sen, celakanya malah nggak punya lampu sinyal (rem&sen) samasekali. Ada juga yang lampu sennya kemana, beloknya kemana. saya juga biker, tapi kelakuannya nggak kampungan seperti itu!

  2. 17 Maret 2016 10:47

    Saya pikir, angka “80%” tsb akan nyambung dg jumlah pelanggaran aturan lalu lintas oleh pengendara sepeda motor

  3. 17 Maret 2016 15:48

    ini juga akibat dari pengendara motor kurang hati hati, udah naik motor pake ugal-ugalan lagi. bawa asal suka, yg penting nyampe tujuan. tapi utk kehati2 an kurang peduli. sedih melihat pengendara motor yg kayak gitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: