Skip to content

Polisi Aja Belajar Safety Riding Bro

15 Maret 2016

safety riding pmj dan wahana 2016

POLISI lalu lintas (polantas) merupakan garda terdepan pemangkasan fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan. Pantaslah jika mereka mesti menguasai teori maupun praktik seputar keselamatan jalan (road safety), termasuk urusan keselamatan bersepeda motor (safety riding).

Di tangan polisi yang tegas, konsisten, kredibel, transparan, dan tidak pandang bulu upaya penurunan fatalitas kecelakaan diharapkan berjalan mulus. Terkait kredibilitas, kali ini sebanyak 27 polantas di jajaran Polda Metro Jaya mengikuti pelatihan safety riding yang digelar di Safety Riding Track Wahana Honda Jatake Tangerang, Banten, Senin, 14 Maret 2016.

Manajemen PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku tuan rumah dalam publikasinya, Selasa, 15 Maret 2016 menyebutkan, pihaknya terus menerus menyebarkan edukasi bagi berbagai golongan masyarakat. Sedangkan Ditlantas Polda Metro Jaya mengaku bahwa peserta kali ini adalah dari berbagai Polsek dan unit di lingkungan Polda Metro Jaya.

“Mereka merupakan ujung tombak kami dalam kampanye tertib lalu lintas di wilayah masing-masing,” jela AKBP Agustin Susilowati, kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya, dalam publikasi yang sama, Selasa.

Dia menambahkan, pelatihan ini merupakan implementasi kebijakan Kepala Kepolisian Republik Indonesia terkait menjadikan polisi sebagai penggerak revolusi mental di ruang publik.

Di sisi lain, pelatihan ini merupakan satu ajang untuk mengetahui perkembangan safety riding, juga sebagai review teori sekaligus praktik safety riding agar polisi semakin profesional. “Pelatihan ini jadi upaya untuk tidak menambah angka kecelakaan,” tegasnya.

Sementara itu, Head of Safety Riding Promotion WMS, Agus Sani menjelaskan bahwa pada kesempatan ini anggota kepolisian mendapatkan pelatihan mulai teori hingga praktik lapangan. “Selain teori kami berikan juga teknik pengereman, berkendara zig zag, keseimbangan dan teknik slalom course yang merupakan gabungan semua sesi,” kata dia.

Agus menambahkan, seluruh anggota polisi mengikuti pelatihan ini setahap demi setahap seperti peserta kalangan umum dan pelajar. “Rencananya masih ada beberapa program pelatihan seperti ini lagi,” ujarnya. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: