Skip to content

Begini Uji Coba Pemakaian Speed Gun di Jakarta

7 Maret 2016

speed gun ujicoba

TAMPAK seorang polisi lalu lintas (polantas) menenteng alat elektronik yang kemudian diarahkan ke kendaraan yang wira-wiri. Alat yang disebut pengukur kecepatan (speed gun) itu diujicoba di Jl MT Haryono, Jakarta Timur, Senin, 7 Maret 2016.

“Uji coba ini sebagai tindak lanjut rencana penindakan terhadap pelanggaran batas kecepatan dengan menggunakan speed gun,” ujar Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, dalam pesan tertulisnya kepada saya di Jakarta, Senin, 7 Maret siang.

Dia menjelaskan, uji coba tersebut sekaligus sebagai bagian dari proses sosialisasi kepada masyarakat. Selain itu, sebagai kegiatan sebelum penegakan hukum dengan sistem tilang dilaksanakan. “Mulai sekarang sosialisasi sampai dengan dilaksanakan. Minggu depan sanksi teguran dan minggu depannya sanksi dengan tilang,” kata dia sehari sebelumnya.

Menurut Budiyanto, urgensi pemakaian speed gun mengingat mengemudi yang melampaui batas kecepatan alias ngebut merupakan faktor utama yang berpotensi memicu fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan. Kecelakaan yang disebabkan hal itu bisa menimbulkan korban luka berat dan meninggal dunia.

Sementara itu, data Korlantas Polri menyebutkan bahwa ngebut menyumbang sekitar 13% terhadap total kecelakaan di Indonesia. Akibat perilaku berkendara seperti itu memicu 33 kecelakaan setiap hari. Data per semester pertama 2015 itu juga memperlihatkan terjadinya kenaikan 1,4% kasus kecelakaan akibat ngebut. (edo rusyanto)

foto:ditlantas polda metro jaya

2 Komentar leave one →
  1. isal permalink
    8 Maret 2016 10:16

    Canggihnya..

    http://isalpoiyo.com/2016/03/08/suzuki-150cc-sport-concept-design/

  2. 11 Maret 2016 13:29

    Speed gun inikan alat pendeteksi, lantas kalau sudah bisa mendeteksi maka harus dilakukan penindakan thd pelanggar tsb.

    Sepertinya bakal sering terjadi “adegan film” nih……… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: