Skip to content

Speedo Meter Motor Byson “Berembun”

29 Februari 2016

speedo1

MENUNGGANG sepeda motor Yamaha Byson keluaran 2013 tergolong nyaman. Hingga kini, nyaris tak ada keluhan dari sisi mesin kuda besi yang satu ini.

Kenyamanan bisa terjaga sepanjang melakukan perawatan sesuai jadwal. Tentu saja termasuk menggunakan suku cadang yang mumpuni. Di bagian lain, penggunaannya pun secara normal. Kalau untuk ukuran saya, untuk aktifitas berangkat kerja ke kantor dan sesekali piknik di sekitar Jawa Barat dan Banten.

Kuda besi yang digolongkan sepeda motor berkubikasi 150cc itu sudah menemani saya dalam banyak perjalanan. Pastinya, nyaris setiap hari melaju sekitar 40 kilometer (km) di dalam kota Jakarta. Lalu lintas jalan kota Jakarta yang penuh dengan kemacetan bisa diarungi dengan seksama bersama kuda besi yang satu ini.

Setelah sekitar tiga tahun, keluhan yang paling menonjol adalah soal sedikit goyangnya roda bagian depan dan belakang. Dugaan sebagai penyebab hal itu adalah di seputar masalah homesteer.

Dan, hal yang baru saya temui setelah jarak tempuh sekitar 32 ribu km adalah munculnya “embun” di speedo meter. Secara teknis, kehadiran “embun” tadi tidak mempengaruhi kinerja mesin sepeda motor.
Pertanyaannya, dari mana datangnya “embun” itu?

Niatnya, nanti saat jadwal service saya coba tanyakan ke mekanik di bengkel motor. (edo rusyanto)

Iklan
8 Komentar leave one →
  1. 29 Februari 2016 16:45

    menurut pengalaman ane yang juga punya byson om, itu karena suhu di luar dingin / kehujanan bisa berakibat embun. tapi setelah di jalan dan sudah kena suhu yang panas maka embun itu ilang sendiri.

    • 29 Februari 2016 19:44

      oh gitu yah, smoga setelah musim hujan berlalu “embunnya” minggat 🙂 trims infonya kawan.

      • 1 Maret 2016 08:52

        iya om

  2. 29 Februari 2016 18:21

    sepertinya ada air yang terperangkap disela-sela speedometer…. dan saat dibawa jalan dan terpapar sinar matahari.. si air yang terperangkap itu menguap…

    • 29 Februari 2016 19:45

      semoga tuh aer minggat segera deh. makasih infonya yah.

      • 29 Februari 2016 20:50

        siip pak…

  3. GohanGohan permalink
    6 April 2016 00:03

    gan,bison ane punya keluhan nih……speedometer masih nyala tapi lampu standbay(netral) ga hidup. awal kunci masuk( on ) sih lampu nyala smua(termasuk lmpu stndbay/netral),…tpi ko lmpu sndby/netral ditunggu ga nyala…(masih posisi on dan posisi gear netral) mohon pencerahanya……trims.salam kebo

  4. GohanGohan permalink
    6 April 2016 00:09

    gan,bison ane punya keluhan nih……speedometer masih nyala tapi lampu standbay(netral) ga hidup.awal kunci masuk( on ) sih lampu nyala smua(termasuk lmpu stndbay/netral),…tpi ko lmpu sndby/netral ditunggu ga nyala…(masih posisi on dan posisi gear netral) mohon pencerahanya……trims.salam kebo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: