Skip to content

Titip Pesan Untuk Insan Pers Indonesia

9 Februari 2016

tvone berita soal laka

PENULISAN berita dipengaruhi beragam kepentingan termasuk ekonomi dan politik. Sejarah membuktikan fakta harus diusung sebagai landasan utama sebuah berita.

Berbeda dengan opini. Dia lahir dari analisis dan pandangan atas sebuah permasalahan. Kata kuncinya ada pada kapabilitas dan obyektifitas pembuat opini.

Selaku pilar keempat demokrasi pers mengakomodasi berita dan opini tadi. Itulah fungsi kontrol sosial guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang nyaman dan tentram.

Membangun kepercayaan diantara anak bangsa juga menjadi agenda penting yang dipikul insan pers. Ketajaman kalimat, kejelian visual, hingga mendalamnya suara yang disiarkan mampu mengubah perilaku tatanan kehidupan sosial masyarakat.

Pengubahan perilaku kehidupan yang kita harapkan adalah menuju tatanan yang adil sejahtera. Kemampuan mewujudkan hal itu tak semata butuh kejeniusan, melainkan juga berakar pada keadaban kita sebagai manusia. Toleransi, akal sehat, dan nurani mewarnai setiap perubahan yang ingin dicapai.

Ketika kita menjadikan nafsu angkara murka demi kepentingan diri sendiri dan kelompok, niscaya kehidupan yang tercipta lebih banyak menghadirkan kesemrawutan. Kondisi itu dapat dengan mudah terlihat di jalan raya.

Cara berlalulintas jalan yang sikat sana, sikut sini alias menerobos aturan menjadi potret kehidupan masyarakatnya. Getirnya buah perilaku berlalulintas jalan seperti itu sudah terasa. Sekitar 70-an jiwa menggelepar di jalan raya setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas.

Rasanya akan menjadi adil bila kekuatan pers dimanfaatkan mengurai pemicu-pemicu kecelakaan di jalan. Bukan semata memberitakan aroma sensasional yang mengatrol rating atau belanja iklan yang menggila. Sudah seharusnya karya jurnalistik mengajak para pengguna jalan menjadi lebih beradab. Pada gilirannya terwujud lalu lintas jalan yang humanis.

Selamat Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2016. (edo rusyanto)

Iklan
4 Komentar leave one →
  1. 9 Februari 2016 15:43

    Baru saja hari minggu kemarin salah satu karyawan project di perusahaan saya meninggal ditempat..
    Saat Hendak menyeberang jalan tertabrak mobil.

    Mari kita lebih berhati-hati dijalan

    • 15 Februari 2016 21:36

      setuju, fokus dan waspada untuk tetap menjaga konsentrasi ketika berkendara.

  2. 15 Februari 2016 21:19

    Dan semoga konsumen pers Indonesia semakin bijak memaknai dan menyikapi berita, ya Pak Edo.

    • 15 Februari 2016 21:37

      betul banget, kadang ada makna tertentu 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: