Skip to content

Mengenal Hotel Bersejarah di Bandung

17 Januari 2016

braga bandung 2015a

PARA wisatawan yang datang ke Kota Bandung bisa menikmati sejumlah hotel bersejarah. Sebut saja misalnya, Hotel Savoy Homann, Hotel Preanger, dan Ibis Styles Braga yang dulunya bernama Hotel Bristol.

Mari kita tengok ketiga hotel itu. Pertama, Hotel Savoy Homann. Hotel bintang empat ini terletak di Jl. Asia-Afrika (dahulu Jalan Raya Pos) No. 112, Cikawao, Lengkong, Bandung. Semula, seperti dilansir wikipedia, Hotel Homann, milik keluarga Homann. Pada 1939, bangunan hadir dengan rancangan desain gelombang samudera bergaya art deco karya Albert Aalbers. Pada 1940 namanya menjadi Savoy Homann dan tetap disandang hingga tahun 1980-an. Kini, nama hotel berubah lagi menjadi Savoy Homann Bidakara Hotel.

Kedua, Hotel Preanger. Awalnya adalah sebuah bangunan toko. Namun, pada 1897 oleh seorang Belanda bernama W.H.C. Van Deeterkom toko itu diubah menjadi sebuah hotel dan diberi nama Hotel Preanger, lalu pada 1920 berubah menjadi Grand Hotel Preanger.

Laman wikipedia menyebutkan, pada 1929 hotel itu direnovasi dan didesain ulang oleh Prof. Charles Prosper Wolff Schoemaker dibantu oleh mantan muridnya, Ir. Soekarno (mantan Presiden RI pertama). Namanya kemudian menjadi lebih terkenal, baik di dalam maupun di luar negeri dan menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat pada saat itu bila mereka menginap di hotel tersebut. Grand Preanger mengalami banyak pergantian pengelola, antara lain oleh N.V. Saut, C.V. Haruman, P.D. Kertawisata dan akhirnya pada tahun 1987 hingga kini dikelola oleh PT.Aerowisata. Kemudian pada tahun2014, hotel ini berganti nama menjadi Prama Grand Preanger.

Ketiga, Ibis Styles Braga. Hotel ini bernilai heritage tinggi. Sebelum beroperasi dengan brand Ibis Styles, hotel ini telah berganti brand berkali – kali. Bahkan, brand pertama sudah muncul pada zaman penjajahan. Pada 1919, hotel yang beralamat di Jalan Braga No 8 Bandung ini bernama HotelWilhelmina. Nama ini terus dipakai hingga berganti menjadi Hotel Des Pays Bas pada 1940.

Waktu terus bergerak. Ketika Indonesia meraih kemerdekaan nuansa kolonial pun pupus. Pada 1950, nama hotelberganti menjadi Hotel Bristol. Enam tahun kemudian, pada 1956 pergantian nama terjadi lagi. Pada tahun itu, namahotel berubah menjadi Hotel Braga. Dan, pada 2014 berubah lagi menjadi Ibis Styles Bandung Braga. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: