Skip to content

Nih Faktanya, Saat Ada Operasi Pelanggaran Lalin Turun

31 Desember 2015

polantas bandung tugas1

TIBA-TIBA sejumlah sepeda motor berputar arah. Mereka berbondong-bondong melawan arus. Situasi Jl Bypass, di kawasan Jakarta Timur pun menjadi sedikit runyam. Ada apa?

Kejadian suatu siang pada pertengahan 2015 itu ternyata dipicu oleh sepeda motor yang menghindari dirazia oleh operasi yang digelar pihak Ditlantas Polda Metro Jaya. “Ada razia bang, balik aja deh,” seloroh seorang pria penunggan sepeda motor.

Pemandangan serupa di sudut Jakarta Timur juga pernah saya lihat pada 2015. Beberapa penunggang sepeda motor berputar arah. Ada juga yang berhenti ketika tahu beberapa puluh meter di depannya sedang ada razia atau operasi lalu lintas oleh pihak kepolisian.

Saya sempat berkesimpulan, jika ada operasi pengguna jalan yang merasa bersalah akan menghindar. Entah itu karena tidak ada surat-surat kendaraan dan surat izin mengemudi (SIM), atau tidak memakai helm saat berkendara. Artinya, pelanggaran yang tercatat bisa jadi melorot ketika operasi digelar. Tapi, itu kesimpulan pribadi.

Faktanya, sepanjang sepekan Operasi Lilin 2015, yakni 24-30 Desember 2015, pelanggaran lalu lintas jalan di Indonesa tercatat anjlok 53%. Itu kalau merujuk data jumlah pengguna jalan yang ditilang antara periode Operasi tahun 2015 dibandingkan dengan periode sama 2014.

Data Korlantas Mabes Polri memperlihatkan, pada periode 2014 setiap jam ada 484 pengguna jalan yang ditilang. Sedangkan tahun ini, setiap jam yang ditilang sekitar 228 kasus. Luar biasa.
Oh ya, jumlah pengendara yang ditegur pun jumlahnya anjlok hingga 52%. Bila pada 2014 setiap jam 352 kasus, namun pada 2015 setiap jam 170 kasus.

Kesimpulan awam, saat operasi digelar bakal terjadi penurunan pelanggaran. Termasuk, tentu saja bisa mengurangi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan. Kita tahu bahwa mayoritas kecelakaan dipicu oleh perilaku ugal-ugalan alias melanggar aturan. Jadi? (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: