Skip to content

Ini Kata Polisi Soal Fatalitas di Jakarta 2015

29 Desember 2015

kecelakaan motor_tmcpmj

BERAGAM berita kecelakaan lalu lintas jalan menghiasi media massa. Mulai dari media cetak, elektronik, hingga televisi. Di antara berita-berita itu terselip petaka jalan raya di Jakarta, termasuk di sekitar Jakarta.

Khusus di Jakarta, pada 2015 terdapat sejumlah kabar memilukan. Mulai dari angkutan umum yang menabrak kendaraan bermotor lainnya hingga kendaraan bermotor menabrak pedestrian. Bagaimana fakta data sepanjang 2015?

Tingkat mematikan (fatalitas) kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta disebut-sebut menurun pada 2015. Senin, 28 Desember 2015 malam saya menerima pesan tertulis lewat aplikasi WA yang isinya menggambarkan wajah Jakarta dan sekitarnya. “Perbandingan tingkat fatalitas, yakni korban meninggal dunia terjadi penurunan 9%,” tulis sang pengirim pesan, AKBP Budiyanto, Kasubdit Bin Gakum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Dia menjelaskan, untuk periode 1 Januari hingga 25 Desember 2015, setiap hari ada sekitar dua orang yang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan. Pada periode sama tahun 2014, jelasnya, sebanyak 621 orang tewas akibat kecelakaan.

Lalu, apa kata dia soal penurunan itu?

“Fatalitas menurun karena adanya peningkatan kegiatan sosialisasi kepada kelompok-kelompok masyarakat yang terorganisasi maupun tidak,” ujar dia.

Lalu, kampanye keselamatan lalu lintas juga meningkat dan adanya peningkatan penegakan hukum terhadap pelanggaran yang bisa menimbulkan fatalitas. Dia mencontohkan, penegakan hukum terhadap pelanggaran melawan arus, ngetem sembarangan, penggunaan ponsel, dan melanggar lintasan kereta api.

Oh ya, fatalitas memang bisa ditekan, namun kasus kecelakaan masih tercatat meningkat. Pada 2014, kasus kecelakaan tercatat sebanyak 5.797 kejadian, sedangkan tahun ini sebanyak 6.231 kasus. “Kejadian kecelakaan naik 7%,” ujar Budiyanto.

Data ditlantas Polda Metro Jaya memperlihatkan bahwa tahun 2015 tercatat 7.298 orang menjadi korban kecelakaan. Dari jumlah tersebut sekitar 8% dari korban kecelakaan berujung pada kematian. (edo rusyanto)

foto:tmc polda metro jaya

Iklan
3 Komentar leave one →
  1. 29 Desember 2015 11:37

    7298 bukan angka yang kecil 😭

    http://singindo.com/2015/12/29/misteri-wanita-cantik-pendamping-bos-google-ke-indonesia-akhinya-terkuak/

    • 29 Desember 2015 11:39

      setuju, angka itu adalah total jumlah korban kecelakaan sepanjang 2015. masih besar pekerjaan rumah kita semua untuk menurunkan fatalitas 😦

  2. 29 Desember 2015 21:09

    perketat SIM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: