Skip to content

Menghindar, Berujung di Trotoar

12 Desember 2015

bus harapan jaya vivanews

TIBA-TIBA isterinya menghampiri. Nada bicaranya tidak teratur. Suasana menjadi sedikit berbeda siang itu, di awal Desember 2015.

“Tetangga kita meninggal karena kecelakaan tadi malam sepulang kerja menuju rumah,” ujar isteri saya.

Dia melanjutkan pembicaraannya. “Kecelakaannya gara-gara menghindari sesuatu, tapi justeru motornya menabrak trotoar. Kejadiaannya jam sepuluh malam,” kata dia.

Korban dibawa ke rumah sakit. Namun, nyawanya tidak tertolong akibat luka di kepala yang cukup parah. “Kasihan, anaknya masih kecil-kecil,” ujarnya lirih.

* * *

Petaka jalan raya berdampak luas. Tak semata sang korban kecelakaan yang menderita, keluarga sang korban pun ikut merasakan kepedihan yang mendalam. Bahkan, bagi sang pelaku kecelakaan, selain berpotensi menderita luka-luka juga bisa berujung ke penjara.

Kita sulit membendung kehadiran sang petaka jalan raya. Hal yang amat mungkin dilakukan adalah mengurangi potensi tingkat kefatalan dari kecelakaan itu. Misal, tidak memaksakan diri berkendara ketika tubuh dalam kondisi mengantuk atau dalam kondisi sakit.

Mengantuk merupakan salah satu aspek yang memicu kecelakaan di faktor manusia. Kesadaran kita para pengendara, terlebih para pesepeda motor, untuk tidak berkendara saat kantuk mendera, bisa ikut mengurangi fatalitas. Kita sama-sama tahu bahwa rasa kantuk merusak konsentrasi saat berkendara. Kemampuan tubuh dalam merespons situasi, tentu saja termasuk menganalisis situasi, menjadi menurun saat dalam kondisi mengantuk.

Rasanya, kita semakin ditantang untuk benar-benar memprioritaskan keselamatan diri sendiri dan orang di sekitar kita ketika berkendara. Sekali lagi, kecelakaan lalu lintas jalan berdampak luas. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: