Skip to content

Tiga Hal yang Menakutkan di Jalan Raya

3 Desember 2015

jenazah_shutterstock

APA yang paling menakutkan saat Anda berkendara di jalan raya? Kecelakaan yang berujung pada kematian?

Ok, jika Anda sulit memastikan apa saja hal-hal yang menakutkan itu, mari kita lihat fakta data yang ada berikut ini. Setelah saya telisik dari data tersebut bisa disimpulkan ada tiga hal yang bisa menakutkan kita saat berlalu lintas jalan.


Pertama,
berkendara dalam kondisi lengah. Berdasarkan data yang saya kutip dari Korlantas Polri terlihat bahwa perilaku berkendara dalam kondisi lengah amat mungkin memicu kecelakaan di jalan. Bagaimana tidak, 3,4 dari 10 kecelakaan yang terjadi sepanjang semester pertama 2015 dipicu oleh aspek lengah. Angka itu meningkat loh jika dibandingkan dengan semester pertama 2014. Saat itu, nyaris tiga dari 10 kasus kecelakaan dipicu oleh kelengahan pengendara.

Kedua, berkendara ugal-ugalan. Perilaku yang satu ini amat menakutkan. Ugal-ugalan adalah cara berkendara yang melanggar aturan alias tidak tertib. Misal, menerobos lampu merah dan melawan arus.
Data yang ada memperlihatkan bahwa nyaris tiga dari 10 kasus kecelakaan dipicu oleh aspek tidak tertib ketika berlalu lintas jalan.

Hal yang menarik, ternyata aspek tidak tertib ini terus mengalami penurunan dalam rentang tiga tahun terakhir. Khususnya, tentu saja untuk periode paruh pertama tiap tahun. Misal, pada 2013, setiap 4,2kasus kecelakaan dipicu aspek tidak tertib. Namun, saat ini anjlok menjadi nyaris tiga kasus.

Ketiga, melampaui batas kecepatan. Apa Anda tidak takut pada pengemudi yang ngebut di jalan raya? Kala merasa tidak takut, coba lihat data ini. Ternyata, sebanyak 1,3 dari 10 kasus kecelakaan disebabkan oleh cara berkendara yang ngebut.

Saya menduga, ketiga hal itu bakal lebih menakutkan bagi seseorang ketika kecelakaan menimpa dirinya. Lalu, ada kecenderungan orang menganggap lumrah ketika tidak merasa dirugikan oleh ketiga aspek tadi. Ngeri yah? (edo rusyanto)

foto: istimewa

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 3 Desember 2015 14:39

    kok ada ya berkendara melampui batas kecepatan maksimal

    • 3 Desember 2015 23:32

      berkendara pelan-pelan bahaya juga loh Om.. Kalo salah tempat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: