Lanjut ke konten

Begini Cara Penunggang Thunder Menepis Petaka Jalanan

17 November 2015

koster sehat selamat 2015

BANYAK kelompok penunggang sepeda motor yang saya kenal peduli pada sekitarnya. Beragam cara yang dilakukan mereka dalam mengubah wajah jalan raya menjadi lebih manusiawi. Mereka merasa perlu melakukan itu karena jalan raya masih punya seabrek persoalan terutama soal kebengisan mencerabut 70-an nyawa per hari.

Para kelompok penunggang kuda besi ada yang membuat pelatihan untuk anggota dan masyarakat sekitar. Ada yang berkampanye ke masyarakat luas lewat turun ke jalan atau melalui media sosial. Mereka bahu membahu karena mereka tahu bahwa sekitar 70% kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas jalan adalah sepeda motor.

Salah satu yang peduli atas karut marutnya jalan raya adalah Komunitas Suzuki Thunder (Koster) Indonesia. Kelompok yang satu ini cukup gencar berkampanye lewat caranya sendiri. Mulai dari pelatihan teknis soal berkendara yang aman dan selamat, hingga membuat seminar hal yang sama. “Kali ini kami lengkapi dengan penanganan masalah kesehatannya,” kata Rully, ketua umum Koster Indonesia, saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Ajang itu dibalut dalam ‘Pagelaran Kesehatan dan Keselamatan Pemotor’ yang dihelat selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu, 14-15 Novemnber 2015. Bertempat di area Suzuki Pulogadung, Jakarta Timur, perhelatan itu menghadirkan sejumlah pembicara yang kompeten di bidangnya. Mereka berasal dari berbagai instansi, mulai dari PT Jasa Raharja, kementerian kesehatan, kementerian pekerjaan umum, Kepolisian RI, hingga Bappenas.

edo koster nov 2015

“Sebenarnya acara ini puncak dari beberapa kegiatan sebelumnya seperti penyuluhan ke dua sekolah SLTA dan dua perguruan tinggi,” tambah Rully.

Koster Indonesia cekatan. Dia merancang dan menjalankan sendiri kegiatan kampanye keselamatan jalannya. Bukan semata menunggu undangan barulah berbuat. Keuletan merancang dan melaksanakan kegiatan sendiri seperti itu patut diacungi jempol. Di tengah hiruk pikuk jalan raya bisa dibilang langkah yang ditempuh Koster ini menjadi oases bagi masyarakat.

“Kami senang ada masyarakat yang berbuat seperti ini dan kami terbuka untuk berdiskusi dan menerima masukan dari masyarakat,” kata Wisnu Utomo, dari perwakilan Bappenas dalam sambutannya, Minggu sore.

koster sehat dan selamat 2015

Bahkan, Korlantas Polri yang diwakili AKBP Kanton Pinem mengaku senang Koster Indonesia mencetak agent of change di bidang keselamatan jalan. Menurut dia, lewat ajang seperti ini bisa diharapkan kian menurun fatalitas kecelakaan lalu lintas. “Teman-teman disini diharapkan bisa menularkan kesadaran berlalu lintas jalan yang aman dan selamat kepada masyarakat sekitar,” katanya.

Dalam ajang kali ini Koster Indonesia memilih 100 duta keselamatan dari kalangan kelompok pesepeda motor, sekolah, dan perguruan tinggi. Mereka mendapat pelatihan dan penyuluhan yang selanjutnya diharapkan bisa menularkan kepada masyarakat di sekitarnya. Selain materi mengenai keselamatan berkendara, para peserta juga mendapat pelatihan basic live support dari kementerian kesehatan.

Bagi saya, peran masyarakat menjadi kata kunci dalam mewujudkan lalu lintas jalan yang humanis. Walau, di sisi lain, peran negara juga mutlak dalam menyediakan angkutan umum yang aman, nyaman, selamat, terjangkau, tepat waktu, terintegrasi, dan ramah lingkungan.
koster sehat selamat wdor 2015

“Kami juga membuat aturan tentang batas kecepatan maksimal untuk mengurangi terjadinya kecelakaan,” kata Cucu Mulyana, direktur Keselamatan Transportasi Darat, Ditjen Hubdat, Kementerian Perhubungan.

Selain itu, bagi saya, diperlukan juga penegakkan hukum yang tegas, konsisten, kredibel, transparan, dan tidak pandang bulu.

Pagelaran kali ini ditutup dengan perenungan bagi para korban kecelakaan yang disimboliskan dengan melepas balon ke angkasa. Minggu, 15 November bersamaan dengan Hari Perenungan Korban Kecelakaan Dunia (World of Day Remembrance for Road Traffic Victims). Para peserta diajak berkempu di area terbuka yang ada di Suzuki Pulogadung untuk sejenak mengheningkan cipta sebelum akhirnya melepas balon ke udara. Salut buat Koster Indonesia dan terus bergerak!!! (edo rusyanto)

edo koster wdor 2015 suzuki

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: