Skip to content

Pemerintah Mau Gencarkan Iklan Road Safety

16 November 2015

baliho keselamatan jalan1

WAH kabar gembira nih. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mau menggencarkan iklan keselamatan jalan (road safety) pada 2016. Saat ini, kementerian yang bertanggung jawab pada ‘Kendaraan yang Berkeselamatan’ itu sedang menyusun strategi dan anggaran untuk iklan tersebut.

“Kami diminta menyusun iklan keselamatan jalan sebaik mungkin dengan menghiraukan berapapun besarnya biaya yang diperlukan,” ujar Cucu Mulyana, direktur keselamatan Transportasi Darat, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, di sela Pagelaran Kesehatan dan Keselamatan Pemotor, di Jakarta, Minggu, 15 November 2016 sore.

Dia menambahkan, selama ini pihaknya sudah mengiklankan sejumlah imbauan pentingnya keselamatan berlalu lintas jalan. Wujud iklan memasuki semua ruang publik, seperti media massa cetak dan elektronik hingga media luar ruang seperti baliho. “Bahkan, kami sudah memanfaatkan media sosial untuk mengajak masyarakat berlalulintas jalan yang aman dan selamat,” katanya.

Kemenhub adalah penanggung jawab Pilar Ketiga, dari Lima Pilar yang ditetapkan pemerintah. Kementerian ini mesti fokus pada beberapa aspek. Di antaranya, kemenhub bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap kendaraan yang digunakan di jalan telah memenuhi standar keselamatan.

“Kami juga mengatur soal batas kecepatan maksimal yang sudah kami keluarkan aturannya beberapa waktu lalu,” tambah dia.

Terkait pentingnya iklan keselamatan jalan di media utama maupu media sosial, Cucu Mulyana mengatakan, pihaknya terkendala oleh mahalnya iklan di televisi swasta. Dalam proses pembuatan iklannya pun tersandung oleh mahalnya honorarium bintang iklan. “Terlebih bintang yang sudah punya nama besar, mahal honornya,” kata dia.

Dia mengaku, pihaknya juga akan menggencarkan pemeriksaan kondisi armada angkutan umum di terminal-terminal. Upaya memastikan kondisi angkutan umum dalam kondisi laik jalan adalah salah satu jurus untuk melindungi konsumen agar mendapatkan haknya. Selain itu, tentu saja agar para penumpang angkutan umum dapat lebih aman, nyaman, dan selamat. (edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 17 November 2015 06:05

    Jalanan berlubang, tambal sulam..
    Itu juga harusnya jadi concern.

  2. Aa Ikhwan permalink
    25 November 2015 16:26

    sip ajib.. iklan n real nya mesti pas 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: