Skip to content

Dua ‘Teror’ di Jalan Dalam Dua Hari

15 November 2015

terbakar mobil_beritasatucom

DUA kasus kecelakaan maut ini bak ‘teror’ bagi jalan raya kita. Sembilan nyawa melayang sia-sia dan belasan lainnya menderita luka-luka.

Kita baru saja disodorkan fakta kelam jalan raya pada Sabtu dan Minggu, yakni 14 dan 15 November 2015. Sekalipun dua lokasi kejadian jaraknya berjauhan, namun peristiwa tragis itu begitu terasa begitu dekat mengingat banyak diantara kita setiap hari melintas di jalan raya.

Kecelakaan pertama merenggut empat nyawa akibat sedan menabrak truk. Peristiwa naas di di KM 8.200 Jalan Tol Jagorawi, Jakarta Timur, Sabtu dini hari itu menimpa sedan Ford B 512 DBS yang menabrak truk Mitsubishi Fuso B 9351 FH. Sedan terbakar dan merenggut empat korban jiwa yang ada di dalamnya. Kita terhenyak dan keluarga korban sedih tiada tara.

Lalu, truk yang mengangkut anggota TNI masuk jurang Minggu, sekitar pukul 09.10 WITA di Pegunungan Pagdeha, Desa Seloa, Kecamatan Lore Timur, Poso. Kecelakaan tragis ini merenggut lima korban jiwa dan 16 korban luka-luka.

Sumber resmi menyebutkan bahwa dalam kasus kecelakaan pertama, sedan menabrak truk dari belakang di jalan tol. Lalu, sedan terbakar. Sedangkan dalam kasus kecelakaan kedua dipicu oleh ban truk yang selip sehingga kendaraan itu masuk ke jurang.

Indonesia punya catatan panjang soal kecelakaan di jalan tol maupun kecelakaan kendaraan yang masuk ke jurang. Banyak diantara kita berharap setiap terjadi kecelakaan itu adalah peristiwa terakhir. Jangan pernah ada lagi. Terlebih bila kecelakaan berujung fatal.

Setiap hari, kita disodori 250-an kasus kecelakaan lalu lintas jalan. Bagai teror, kecelakaan-kecelakaan tersebut merenggut 70-an jiwa setiap harinya. Ratusan orang lainnya menderita luka-luka, mulai dari luka ringan hingga menimbulkan cacat tetap. Pantaskah kita berdiam diri? (edo rusyanto)

foto nyomot dari sini

3 Komentar leave one →
  1. 16 November 2015 05:19

    harus ada kesadaran masyarakat, pengguna jalan dan pemerintah sebagai pengatur/regulator, untuk sama2 mencegah sumber terjadinya kecelakaan
    kalau bis/truck bobrok saja bisa lolos uji kir, tentunya dengan nyogok, jangan harap…

  2. 16 November 2015 12:26

    kemarin siang saya pulang dari ITC depok sekira pukul 15:30.
    Ada sekumpulan anak muda sedang melakukan kampanye safety riding, pegang beberapa spanduk stop digaris putih,edukasi RHK,etc..

    Walaupun hanya dalam skala kecil, setidaknya masih ada kok orang-orang yang perduli akan keselamatan berkendara.

    Semoga menular.
    😀

  3. 16 November 2015 15:39

    yang bikin sedih itu truck tentara masuk ke jurang pada saat menjalankan tugas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: