Skip to content

Waduh, Tiap Tahun 387 Ribu Pengguna Mobil Tewas di Jalan

26 Oktober 2015

transjakarta laka mampang 2015

TAHUKAH Anda bahwa setiap tahun sekitar 387 ribu korban tewas akibat kecelakaan di dunia adalah para pengguna mobil? Artinya, setiap hari ada 1.061 pengguna mobil tewas di jalan raya atau setara dengan sekitar 44 orang per jam.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporan Global Status Report on Road Safety 2015 menyebutkan bahwa korban terbesar adalah para pengguna mobil. Angkanya setara dengan 31% dari total korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Organ Badan Perserikatan Bangsa-bangsa itu menyebutkan, setiap tahun sebanyak 1,25 juta orang tewas di jalan raya.

WHO memakai data korban kecelakaan 180 negara dari total 195 anggota WHO. Ke-180 negara itu mencakup sekitar 97% populasi dunia atau setara 6,97 miliar orang. Oh ya, data yang dipakai adalah versi tahun 2013.

Korban kecelakaan terbesar kedua adalah kalangan pesepeda motor, yakni 23% dari total korban tewas akibat kecelakaan.

“Para pesepeda, pejalan kaki, dan pesepeda motor adalah kalangan yang rentan menjadi korban kecelakaan,” kata Margaret Chan, director general Badan Kesehatan Dunia (WHO), dalam laporan tersebut.

Korban dari kalangan pesepeda motor mencapai sekitar 287 ribu jiwa per tahun. Angka itu setara dengan 788 orang per hari atau sekitar 33 orang per jam. Sedangkan dari kalangan pedestrian sekitar 275 ribu orang. Korban dari pesepeda kayuh yang tercatat WHO sekitar 753 orang per hari atau setara 31 jiwa per jam. Mengerikan.

Sementara itu, pesepeda kayuh berkontribusi sekitar 4% atau setara dengan 137 orang per hari atau 6 jiwa per jam.

Pesepeda motor, pesepeda, dan pedestrian menyumbang sekitar 49% dari total korban tewas akibat kecelakaan di dunia. Ironisnya, sekitar 90% mereka yang menjadi korban kecelakaan berasal dari negara-negara berkembang dan berpenghasilan menengah. Hanya sebagian kecil dari negara-negara berpenghasilan tinggi. Secara ekonomi, kecelakaan lalu lintas jalan menimbulkan kerugian yang setara dengan sekitar 3% pendapatan domestik bruto (PDB) negara. “Dan, kecelakaan lalu lintas jalan menjadi penyebab utama kematian kalangan muda berusia antara 15-29 tahun,” jelas dia.

Bagaimana dengan korban kecelakaan di Indonesia?

WHO memperkirakan korban tewas di Indonesia mencapai sekitar 38 ribu jiwa per tahun dengan basis data tahun 2010. Mirip dengan figur korban kecelakaan di dunia, mayoritas korban tewas akibat kecelakaan di Indonesia adalah kalangan pengguna mobil, yakni sekitar 41%. Komposisi pengguna mobil mencakup mobil pribadi, mobil angkutan umum, bus, dan truk.

Lalu, korban kecelakaan kedua terbesar adalah para pengguna sepeda motor, yakni sekitar 36%. Di posisi ketiga korban terbesar berasal dari kalangan pedestrian (21%). Selebihnya berasal dari kalangan pesepeda kayuh (2%) dan lainnya kurang dari 1%.

komposisi korban laka dunia 2015

Di Indonesia, menurut perkiraan WHO, setiap hari ada sekitar 105 jiwa terenggut akibat kecelakaan di jalan raya. Dari jumlah tersebut sekitar 43 jiwa adalah dari kalangan pemobil. Lalu, sekitar 38 jiwa dari kalangan pesepeda motor, pedestrian 22 jiwa dan pesepeda 2 jiwa per hari.

Oh ya, bila merujuk perkiraan korban kecelakaan tersebut, Indonesia menyumbang sekitar 3% dari total korban tewas akibat kecelakaan di dunia.

Di sisi lain, terkait kecelakaan di jalan, dalam kacamata WHO negara-negara di dunia mayoritas masih lemah dalam penegakkan hukum di jalan. Padahal, penegakkan hukum turut berkontribusi dalam menekan fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan. Lewat penegakkan hukum yang baik diyakini dapat mengubah mengubah perilaku pengguna jalan secara efektif. Misalnya, terkait dengan aturan batas kecepatan maksimal, tidak minum-minuman beralkohol, penggunaan helm, dan penggunaan sabuk pengaman. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: