Skip to content

Margaret Chan Ajak Warga Dunia Tekan Kecelakaan

24 Oktober 2015

margaret chan fung who

MARGARET Chan bilang kecelakaan lalu lintas jalan merenggut hingga 1,25 juta jiwa per tahun. Bahkan, menghabiskan pendapatan domestik bruto (PDB) negara hingga 3% per tahun.

Ironisnya, kata dia, kecelakaan lalu lintas jalan menjadi penyebab utama kematian kalangan muda berusia antara 15-29 tahun. Sedangkan pengguna jalan yang rentan menjadi korban kecelakaan adalah kalangan pejalan kaki, pengendara sepeda, dan pengendara sepeda motor. Data WHO memperlihatkan kalangan pesepeda motor menjadi kelompok yang paling banyak menjadi korban kecelakaan, yakni sekitar 23%. Lalu, sekitar 22% dari kalangan pejalan kaki dan sekitar 4% dari kalangan pesepeda kayuh.

“Padahal sebagian besar dari itu bisa dicegah lewat tindakan yang cepat secara global,” kata dia.

Menurut dia, saat ini perhatian internasional terhadap urgensi keselamatan jalan telah meningkat. Bahkan, baru-baru ini telah mengadopsi Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030. Agenda itu menetapkan pengurangan kematian dan korban luka akibat lalu lintas jalan sebesar 50% pada 2020. Salah satu upaya masyarakat global adalah lewat Dekade Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020.

Sekalipun demikian dia melihat sejumlah negara belum menjalankan secara maksimal langkah-langkah yang sesungguhnya bisa mengurangi fatalitas kecelakaan. Contoh langkah-langkah itu misalnya, dalam penegakan hukum yang dirasa masih lemah. Kemudian, penerapan aturan mengenai aturan batas kecepatan maksimal.

“Tantangan sekarang adalah bagaimana menurunkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas jalan,” ujar dia.

fakta laka dunia 2015
Antusiasme Margaret Chan begitu tinggi mengingat dia adalah sosok director general Badan Kesehatan Dunia (WHO). Perempuan kelahiran Hong Kong, 21 Agustus 1947. Perempuan ini dipilih oleh Dewan Eksekutif WHO pada 8 November 2006, dan telah disahkan dalam rapat khusus dari Majelis Kesehatan Dunia pada hari berikutnya. Chan sebelumnya menjabat sebagai Direktur Kesehatan di Pemerintah Hong Kong (1994-2003) dan wakil dari Direktur Jenderal WHO Pandemi Influenza. (edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 25 Oktober 2015 10:13

    Indonesia nyumbang berapa persen Om Edo?
    Semoga semakin banyak org2 yg perduli mengenai keselamatan berkendara

    • 25 Oktober 2015 11:38

      sekitar 2,4% dan semoga kian menurun serta makin banyak pengguna jalan yg sudi berbagi ruas jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: