Skip to content

Barisan Pejuang Keselamatan Jalan SCA 2015

10 Oktober 2015

sca penjurian 2015_alan

SAAT ini masih meruyak tudingan ke pesepeda motor sebagai kelompok yang membuat karut marut lalu lintas jalan. Bahkan, fakta memperlihatkan bahwa sekitar 70% kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Tahukah Anda bahwa di tengah itu semua tak sedikit kelompok pesepeda motor yang gigih mengajak pengguna jalan agar tak menjadi korban kecelakaan?

Baiklah, mari kita tengok hajatan ala kelompok pesepeda motor yang bertajuk Safety Campaign Award (SCA) 2015. Ajang besutan Adira Insurance, Adira Finance, dan Road Safety Association (RSA) Indonesia itu kini memasuki tahun kedua. “SCA merupakan ajang apresiasi dari kami kepada kelompok pesepeda motor yang sudi menyebarluaskan keselamatan jalan kepada masyarakat,” ujar Tanny Megah Lestari, Retail Business Process & Service Management Department Head Adira Insurance, di Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2015 malam.

Sepanjang yang saya ikuti, ajang tersebut cukup memberikan inspirasi bagi kelompok pengguna sepeda motor yang ingin ataupun sudah menyebarluaskan keselamatan jalan. Kelompok pesepeda motor yang mengikuti ajang tersebut adalah mereka yang memang sudah pernah melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas jalan. Baik itu untuk kalangan anggota kelompoknya, maupun kepada masyarakat luas.

“Tahun 2015 adalah untuk kedua kali kami menggelar SCA dan kali ini kami mengusung tema Road Safety is For Everyone, Starts From You,” papar Lidiya Tiwow, CSR & Corporate Communication Dept. Adira Insurance, saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Ternyata, lanjut dia, jumlah kelompok pesepeda motor yang berminat mengikuti SCA 2015 meningkat jika dibandingkan 2014. Tahun lalu, katanya, peserta yang mendaftar 30-an kelompok, sedangkan tahun ini sebanyak 48 kelompok. Mereka berasal dari Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

“Tapi ada juga yang mendaftar dari luar Jadetabek, tapi karena kami membatasi peserta dari Jadetabek, mereka yang datang dari luar Jadetabek tidak masuk ke 10 besar,” tambahnya.

Dari ke-48 pendaftar hanya 25 kelompok yang menyerahkan proposal kegiatan. Setelah melewati tahap penjurian, lahirlah 10 kelompok yang berhak mengimplementasikan proposalnya. Setelah itu, mereka akan dipilih tiga yang mendapat penghargaan atau apresiasi. “Selain penghargaan, kami juga menyediakan apresiasi berupa uang yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan kelompok tersebut,” kata Faridha Rahmaningsih, ketua panitia SCA 2015.

Tahap penentuan 10 besar atau penilaian proposal mematok kriteria penilaian yang mencakup Public exposure (20%), Multiplier effect (25%), Road safety concept (25%), Road safety activity (15%), Innovation/Uniqueness (5%), Lolos verifikasi kelengkapan (5%), dan Kesesuaian Tema (5%).

Lalu, dalam tahap implementasi mencakup ; Multiplier effect (30%), Public exposure (25%), Road safety concept (25%), Keterlibatan anggota (15%), dan Time Frame (5%).
Sedangkan pada tahap presentasi untuk mencari tiga penilaiannya mencakup; Multiplier effect (30%), Public exposure (25%), Road safety concept (25%), Road safety knowledge (10%), Presentation skill (5%), dan Innovation/Uniqueness (5%).

10 Besar

Setelah melewati serangkaian penjurian terhadap proposal yang masuk pada Kamis, 8 Oktober 2015, SCA 2015 akhirnya memunculkan 10 besar. Mereka terdiri atas ;

1. DETIC (Depok Tiger Club)
2. HOC (Honda Owners Club)
3. HSFCI Tengerang (Honda Street Fire Club Indonesia – Tangerang Chapter).
4. HVC Jakarta (Honda Vario Club – Jakarta Chapter).
5. Koster (Komunitas Suzuki Thunder).
6. Pulsarian kaliber Bekasi.
7. SSFC Depok (Suzuki satria F150 Club – Depok Chapter).
8. STIRCOM (Sahid Tourism Riders Community).
9. YMCI Tangerang (Yamaha MX Club Indonesia – Tangerang Chapter).
10.YVCI Cikarang (Yamaha V-Ixion Club Indonesia – Cikarang Chapter).

sca 2015 10 besar

Mereka diberi kesempatan mengimplementasikan proposal kegiatan sepanjang rentang 11 Oktober-21 November 2015. Selanjutnya, ke-10 peserta itu akan mengikuti tahap presentasi pada 5 Desember 2015. Sedangkan penghargaan akan digelar pada minggu kedua Desember 2015.

“Untuk tahap implementasi, ke-10 kelompok pesepeda motor itu akan mendapat dana subsidi sebesar Rp 2 juta,” kata Faridha, di sela pengumuman 10 besar peserta SCA 2015, di Gedung Adira Insurance, Sabtu, 10 Oktober 2015 pagi.

Dalam tahap implementasi, tambahnya, ke-10 peserta SCA 2015 didampingi oleh para mentor yang berasal dari Adira Insurance, Adira Finance, dan RSA Indonesia. Di luar itu ada volunteer, yakni Alan dan Agung. Mereka berperan untuk mendampingi sekaligus sebagai fasilitator pelaksanaan kegiatan.

Selamat berjuang kawan. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: