Skip to content

Ini Jam-jam Rawan Kecelakaan di Indonesia Tahun 2015

8 Oktober 2015

bus laka ciloto 2015_viva

Anda perlu tahu hal ini. Ternyata rentang waktu paling tinggi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan ada pada siang hingga petang hari. Lebih tepatnya, rentang pukul 12.00 hingga 18.00.

Boleh jadi hal itu disebabkan dalam rentang waktu tersebut volume dan frekuensi lalu lintas jalan cukup tinggi dibandingkan waktu-waktu lainnya. Siang hari adalah ketika banyak aktifitas atau mobilitas orang dalam berinteraksi sosial, apalagi dalam urusan bisnis atau mencari nafkah.

Sedangkan petang hari memasuki waktu kembalinya mayoritas para pekerja ke rumah masing-masing. Setelah seharian beraktifitas, tentu kondisinya mulai lelah, membuat para pengendara yang hendak pulang ke rumah menjadi sedikit menurun konsentrasinya. Apalagi, jika didorong oleh keinginan buru-buru tiba di rumah sehingga sedikit lengah. Padahal, kelengahan adalah biang kerok terjadinya kecelakaan di jalan. Sebagai gambaran, sepanjang semester pertama 2015, lengah menjadi penyumbang terbesar, yakni sekitar 33% dari total pemicu kecelakaan. Kasus yang dipicu lengah mencapai sekitar 86 kejadian per hari.

Nah, berikut ini saya coba jabarkan area waktu mana saja yang rawan terjadinya kecelakaan di Indonesia. Harapannya, setelah mengetahui jam-jam rawan kecelakaan kita kian waspada ketika berkendara. Oh ya, sumber data tentu saja berasal dari Korlantas Mabes Polri.

Pukul 12.00-18.00

Inilah rentang waktu paling sering terjadi kecelakaan di Indonesia. Dalam rentang tiga tahun terakhir, khususnya untuk periode semester pertama, kasus kecelakaan di rentang waktu ini menempati posisi teratas. Pada enam bulan pertama 2015, rentang waktu ini menyumbang sekitar 31,88% kasus kecelakaan. Di rentang waktu ini setiap hari terjadi 81 kasus kecelakaan. Dari segi tren, rentang waktu ini mencatat peningkatan kecelakaan sekitar 3,93%.

Pukul 06.00-12.00

Rentang waktu pagi hingga siang hari menjadi area kedua terbesar terjadinya kecelakaan di jalan. Inilah rentang waktu dimana para pengguna jalan tumpah ruah untuk berangkat dari rumah menuju tempat aktifitas.

Hal yang mencemaskan adalah lonjakan kasus di rentang waktu ini menempati posisi paling tinggi pada semester pertama 2015. Per akhir Juni 2015, kasus kecelakan di rentang waktu ini melonjak 11,27% menjadi 80 kasus per hari.

Pukul 18.00-24.00

Petang hari hingga tengah malam menjadi area terbesar ketiga dengan kontribusi sekitar 24,09%. Angka itu setara dengan 61 kasus kecelakaan per hari. Di area waktu ini kasus kecelakaan ternyata menurun sekitar 0,21% pada semester pertama 2015.

Pukul 00.00-06.00

Rentang waktu paling sedikit terjadinya kecelakaan lalu lintas ada pada pukul 00.00-06.00. Bahkan, rentang waktu ini mencatat penurunan jumlah kasus paling besar, yakni 10,68% menjadi 32 kasus per hari. Barangkali penurunan disebabkan pada rentang waktu ini jumlah pengguna jalan menurun drastis. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: