Skip to content

7 Dari 10 Remaja Ditilang Karena Tidak Punya SIM

3 Oktober 2015

operasi razia lalin jkt

PARA remaja yang pernah ditilang mengaku alasan utama penilangan karena mereka tidak mempunyai surat izin mengemudi (SIM). Dari 10 remaja yang mengendarai sepeda motor dan mobil, 7 di antaranya pernah ditilang karena tidak punya SIM. Sangat masuk akal mengingat mereka masih di bawah umur sehingga belum memenuhi persyaratan administrasi untuk mendapatkan SIM.

Tunggu dulu, mayoritas remaja yang membawa kendaraan pribadi tersebut ternyata mengaku tidak pernah ditilang. Hanya sekitar 28% dari mereka yang mengaku pernah ditilang.

Hal itu semua mencuat dari jawaban para siswa sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) yang saya tanyai di Jakarta, baru-baru ini. Mayoritas dari mereka mengaku memakai kendaraan pribadi ketika pergi ke sekolah karena dianggap paling murah biayanya. Nah, kendaraan bermotor yang menjadi favorit adalah sepeda motor, yakni sekitar 55%.

Pada bagian lain para pelajar tersebut mengaku bahwa penegakkan hukum di jalan raya masih belum tegas. Mereka yang menjawab ini mencapai sekitar 50% dari seluruh responden dan hanya sekitar 13% yang menilai penegakkan hukum sudah tegas. Selebihnya menilai biasa saja (36%) dan tidak tahu (1%).

Sekalipun demikian, mayoritas dari pelajar memandang perlunya penegakkan hukum yang ditegas di jalan raya (99%). Dan, hanya sekitar 1% yang menganggap tidak perlu penegakkan hukum yang tegas.

Pandangan-pandangan siswa di dalam artikel ini hasil tabulasi atas pertanyaan saya kepada para siswa SLTA. Saya menanyai 73 siswa SLTA dari lima wilayah di Jakarta. Pandangan mereka hanya sebagian kecil dari kenyataan sesungguhnya di masyarakat kita. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 11 Oktober 2015 22:27

    Reblogged this on Suetoclub's Blog and commented:
    actual dan realita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: