Skip to content

Dari Shenzen Menembus Jakarta

29 September 2015

qoolpad model

SUASANA Hotel Pullman Jakarta terasa berbeda. Hotel yang terletak di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat tersebut kali ini disesaki oleh para penggila gadget. Salah satunya, tentu saja datang dari kalangan blogger.

Sang empunya hajat, produsen telepon seluler (ponsel) pintar (smartphone) Coolpad, sadar betul bahwa sebagai pemain anyar mesti menggandeng para blogger, selain tentu saja para media mainstream. Kali ini, pemain ponsel asal Tiongkok itu mengundang tujuh blogger dan puluhan awak media massa. Saya termasuk yang nyempil diantara tujuh blogger tadi.

“Indonesia pasar yang penting. Dan, kami ingin menjadi nomor tiga terbesar pemain bisnis ponsel di Indonesia,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Coolpad Indonesia Jeeves Jiang, saat memberi sambutan dalam peluncuran ponsel Coolpad Shine, di hotel Pullman Jakarta, Senin, 28 September 2015 petang.

Banyak peserta yang hadir dalam peluncuran itu tampak manggut-manggut ketika mendengar paparan tersebut. Maklum, pasar ponsel pintar Indonesia yang ditaksir menyentuh sekitar 2,5 juta unit per bulan banyak menggoda para produsen dan pedagang. Tak ketinggalan para produsen dari negeri Tiongkok. Kini, di Indonesia beredar sangat banyak merek asal Tiongkok dengan beragam segmen dan kekhasan.

“Kami hadir dengan sistem pemindai jari yang keamanannya lebiih terjamin dan cara kerjanya sangat mudah dan cepat. Untuk unlock ponsel cukup 0,5 detik,” papar Natalie Chan, brand manager PT Coolpad Electronics Indonesia di tempat yang sama.

Dalam paparannya dia bercerita bahwa Coolpad Shine punya seabrek kecanggihan, salah satunya adalah fitur RAM yang sebesar 2 gigabyte. Soal kamera, kata dia, kamera utama memiliki ketipisan 8,6 mm dan besaran 13 MP dengan bukaan f2.0, sedangkan untuk kamera depan 5 MP. “Saya mau tanya. Ada yang tahu berapa harga Qoolpad Shine?” tanyanya di hadapan para hadirin yang ada di ruang Menteng, Pullman Jakarta.

Dia memilih tiga perwakilan hadirin untuk maju ke depan dan menebak harga ponsel yang mengusung prosesor Octa Core Qualcomm Snapdragon 8939 1,5 Ghz. “Saya punya surprise buat yang bisa menebak,” sergahnya.

Sontak, ketiga tamu terpilih itu pun menebak. Ada yang bilang Rp 2,5 juta, Rp 4,5 juta, dan Rp 2,9 juta per unit. “Harganya yang benar adalah Rp 2,9 juta,” kata Jeeves Jiang.

Tampaknya pemain ponsel pintar yang bermarkas di Shenzen, Guangdong, Tiongkok ini mengamati dengan serius tipikal pasar di Indonesia. Lewat balutan harga yang demikian berharap mampu memikat calon konsumen. “Selama tiga bulan kami memasarkan produk di Indonesia, kami merasa cukup puas,” katanya.

Qoolpad yang mengkalim masuk dalam 10 besar pemain ponsel pintar global itu tentu datang bukan tanpa peluru memadai. Shenzen yang menjadi basis Coolpad merupakan tempat yang dikenal sebagai basis industri teknologi informasi.

qoolpad motret modelnya

Kota Shenzen, Guandong, Tiongkok dikembangkan sebagai Zona Ekonomi Khusus sejak 1 Mei 1980. Kini, di kota yang memiliki luas 2.020 km2 itu sedikitnya terdapat 8.000 industri dengan beragam segmen. Wikipedia menulis, Shenzhen adalah rumah bagi beberapa perusahaan teknologi tinggi yang paling sukses di Tiongkok, termasuk BYD, Konka, Skyworth, Tencent, Coolpad, ZTE, Gionee, TP-Link, DJI,BGI (Beijing Genomics Institute), dan Huawei. Kota bertumbuh dengan pesat dan diwarnai dengan banyaknya gedung pencakar langit.

20150928_165823_resized
Saat merangsek Jakarta sebagai pintu masuk Indonesia, Coolpad mengaku tak main-main. Menurut Jiang, pihaknya membangun 25 pusat service yang akan tersebar di berbagai kota. Selain itu, membangun 1.000 titik jaringan pemasaran di seantero Indonesia.

Natalie menambahkan bahwa produk yang diusungnya tidak sembarangan. Seabrek fitur dan keunggulan seperti pemindai sidik jari, bisa dinikmati oleh konsumen.
Mau menjajal? (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: