Skip to content

58% Pelaku Kecelakaan Tanpa SIM

22 September 2015

sim c keluaran 2015

BANYAK pemberitaan yang menyebutkan seorang pelaku kecelakaan lalu lintas jalan yang kedapatan tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM). Alasannya beragam, mulai dari sang pelaku berusia di bawah umur hingga belum sempat mengurus SIM. Tahukah Anda bahwa mayoritas pelaku kecelakaan di Indonesia ternyata mereka yang tanpa SIM?

Mari kita longok data yang saya kutip dari Korlantas Mabes Polri. Pada periode semester pertama 2015 terlihat bahwa sekitar 58% pelaku kecelakaan adalah mereka yang tanpa SIM. Data itu memang tidak merinci kenapa para pelaku itu tanpa SIM. Pastinya, setiap hari ada 148 pelaku kecelakaan yang datang dari kelompok tersebut.

Bila dibandingkan dengan periode sama setahun sebelumnya, pelaku tanpa SIM meningkat sekitar 7%. Gejala apakah sehingga mereka yang tanpa SIM meningkat?

Salah satu yang amat pasti adalah lantaran sang pelaku kecelakaan adalah mereka yang berasal dari kelompok di bawah umur. Pelaku yang berusia di bawah 17 tahun dapat dipastikan memang belum memiliki SIM. Namun, data itu memperlihatkan bahwa pelaku kecelakaan dari kelompok usia tersebut ternyata anjlok sekitar 39%.

Artinya, patut diduga bahwa kelompok pelaku tanpa SIM adalah mereka yang memang tidak sempat membuat SIM. Di dalam kelompok ini pun pasti memiliki beragam alasan. Boleh jadi memang karena benar-benar belum sempat. Atau, belum punya uang untuk membayar biaya pembuatan SIM. Entahlah.

korban laka smt 1 2015

Pastinya, jumlah pelaku kecelakaan naik sekitar 4%. Sedangkan jumlah korban naik sekitar 3%.

Sepanjang enam bulan pertama 2015, terjadi kenaikan kasus kecelakaan sekitar 3% menjadi sekitar 253 kasus per hari. Buntut dari kasus itu menimbulkan hampir 76 ribu kecelakaan. Dari jumlah korban tercatat sekitar 17% nya berujung pada kematian. Hingga akhir Juni 2015 tercatat sekitar 73 orang tewas setiap hari akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Angka itu melonjak sekitar 22% bila dibandingkan dengan periode sama tahun 2014. Miris. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 23 September 2015 04:11

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: