Skip to content

Dari Warung Menuju Sanubari Bikers

20 September 2015

Setia Budi-20150919-05312

WARUNG di pinggir Jalan Sahardjo, Jakarta Selatan ini penuh sesak. Di lantai bagian bawah dipenuhi para tamu dari berbagai kalangan. Di bagian atas, seluruh bangku terisi oleh para tamu yang kali ini berbeda dari biasanya, yakni kalangan pesepeda motor atau yang kondang disapa bikers.

“Ada 40-an kelompok pesepeda motor yang konfirmasi akan hadir dalam acara kali ini,” papar Ayu, salah seorang panitia acara, saat berbincang dengan saya, Sabtu, 19 September 2015 sore.

Saat saya menjejakkan kaki di Warung Komando itu para bikers sudah memadati ruang yang memang disediakan panitia Safety Campaign Award (SCA) 2015. Sang empunya hajat, yakni Adira Insurance bersama Adira Finance sudah mendesain ruang sedemikian rupa sehingga nuansa kehidupan bikers terasa kental. Belum lagi, di tangga menuju ruang atas warung dipajang sebuah motor jadul besutan BMW.

Sore itu adalah moment peluncuran alias kick off dari SCA 2015 yang bakal digelar sepanjang Oktober hingga awal November 2015. Para bikers yang hadir merupakan undangan yang memang disebar oleh sang empunya hajat. Mereka sabar menunggu acara kick off dimulai yang dijadwalkan pukul 17.00 WIB. Sambil menanti, sebagian dari mereka bergoyang lidah menikmati jagung rebus, pisang rebus, hingga kacang rebus. Kudapan khas Indonesia itu dilengkapi dengan secangkir teh manis hangat yang tersedia di sudut ruang bagian atas warung.

“SCA 2015 digulirkan setelah melihat animo komunitas dan klub motor yang demikian antusias pada SCA 2014,” papar Faridha, ketua panitia pelaksana saat memaparkan tentang acara SCA 2015.

Perempuan berkulit kuning langsat itu dengan lugas membeberkan apa itu SCA. Dia mengatakan, SCA adalah sebuah apresiasi bagi kelompok pesepeda motor yang sudi berkampanye mengenai keselamatan jalan (road safety). “SCA bukan ajang kompetisi atau lomba, tapi sebuah apresiasi kepada klub dan komunitas motor,” sergahnya.

Dia juga menambahkan, guna meningkatkan penetrasi penyebaran kampanye keselamatan jalan, pihaknya menggandeng Road Safety Association (RSA) Indonesia. Lembaga swadaya masyarakat (LSM) itu dikenal amat gigih menyuarakan pentingnya berlalu lintas jalan yang aman dan selamat. “Selain itu, kami juga memiliki media partner, yakni sportku.com,” katanya.

Faridha tidak sendiri. Saat pemaparan dia didampingi oleh panitia lainnya, yakni Alan. Pria yang bekerja di perusahaan media massa itu terkenal dekat dengan kalangan kelompok pesepeda motor.

“Kami ingin mengajak agar kampanye teman-teman berangkat dari dalam jiwa. Kegiatan yang datang dari sanubari kita bisa bermanfaat bagi orang lain,” ajak Alan.

Setia Budi-20150919-05315

Gayung pun bersambut. Sejumlah kelompok pesepeda motor merespons untuk ikut ajang SCA 2015. Mereka yang mendapat penghargaan pada ajang setahun sebelumnya mengaku tertarik untuk ikut lagi. “Kami sedang menyiapkan program kampanye yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi masyarakat,” kata Wahyu, bendahara SSFC saat berbincang dengan saya di sela kick off SCA 2015.

ATT54249 1

Bahkan, Agung dari Pulsarian Kaliber saat memberikan testimoninya atas ajang SCA 2014 di depan para bikers menyatakan hal serupa. Dia mengatakan, keunikan dari kegiatan kampanye mendapat tempat tersendiri dalam meraih apresiasi pada 2014. “Kami akan ikut lagi tahun ini,” ujarnya.

Respons tak semata datang dari mereka yang meraih apresiasi. Mereka yang baru pertamakali mengetahui SCA pun berminat. “Kami baru tahu baru-baru ini. Dan, inginnya sih ikut. Tapi, sepulang dari sini akan kami bahas dengan para pengurus,” papar seorang bikers dari YSC Jakarta kepada saya.

sca 2015_adira

Menurut Ayu, hingga acara kick off SCA 2015 usai malam minggu itu sudah ada sekitar 10 kelompok pesepeda motor yang mendaftarkan diri. Lantas, kenapa memilih kelompok pesepeda motor?

“Hasil survey kami menunjukkan bahwa 7 dari 10 bikers bersedia meneruskan kembali pesan keselamatan jalan kepada pihak lainnya,” papar Lidiya Tiwow, salah seorang panitia SCA dari Adira Insurance.

Ok deh mbak, semoga dilancarkan semuanya. Semangat. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: