Skip to content

Begini Kecelakaan yang Melibatkan Kopaja dan Metromini

18 September 2015

metromini dan motor di jkt

KECELAKAAN lalu lintas jalan yang melibatkan bus besar dan bus sedang di Jakarta masih terus terjadi. Ada yang menempatkan angkutan itu sebagai pemicu kecelakaan, tapi ada juga yang menjadi korban kecelakaan. Bahkan, ada yang terlibat dalam kecelakaan biasa, beruntun, hingga kecelakaan tunggal.

Jenis dan jumlah bus yang wira-wiri di Jakarta cukup beragam. Mulai dari bus sedang hingga besar. Mulai dari bus sekolah, angkutan PNS/militer, bus kota, bus antar kota, bus antar kota antar provinsi, hingga bus bandara. Mereka bergerak dari pinggir Jakarta, dari luar kota Jakarta, hingga yang hanya berputar di dalam kota berusia 487 tahun itu.

Dalam keseharian, jumlah bus di Jakarta kalah telak dengan kendaraan pribadi. Apalagi jika dibandingkan dengan populasi sepeda motor. Sekadar menyegarkan ingatan kita, data Ditlantas Polda Metro Jaya menyebutkan, di kawasan Jakarta dan sekitarnya terdapat sekitar 17,5 juta kendaraan bermotor per akhir 2014. Dari jumlah tersebut, sekitar 4,5 juta adalah mobil dan sekitar 13 juta unit adalah sepeda motor.

Nah, jumlah bus hanya sebagian kecil dari 4,5 juta unit mobil tadi. Saya tak punya data pasti per akhir 2014, namun pada 2011 disebutkan bahwa jumlah bus di Jakarta sekitar 22 ribu unit. Jumlah itu mencakup bus kecil, sedang, hingga bus besar.

Penggunaan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil, terus meningkat di Jakarta. Sebagai ilustrasi, pada 2002 penggunaan kendaraan pribadi baru 33% dari total pergerakan di Jakarta. Tapi, pada 2010 angkanya sudah menyentuh 50%. Hal itu berbanding terbalik dengan penggunaan angkutan umum, yakni dari semula 42% menjadi tinggal 20%.

Tunggu dulu, pada 2002, penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi komposisinya baru sekitar 28% dengan penggunaan bus sekitar 50%. Namun, kondisi menjadi terbalik pada 2010, yakni penggunaan sepeda motor sekitar 63% dan penggunaan bus sekitar 17%. Oh ya, data itu saya cukil dari survey JUTPI.

Lantas, bagaimana keterlibatan bus di dalam kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta dan sekitarnya?

Ternyata, kalau melongok data Ditlantas Polda Metro Jaya, dalam rentang tiga tahun terakhir jumlahnya terus merosot. Dari segi volume, bus yang terlibat kecelakaan di jalan pada 2012 sebanyak 383 unit, sedangkan pada 2014 sebanyak 255 unit. Artinya, jumlah bus yang terlibat kecelakaan anjlok sekitar 33%.

Sedangkan dari segi kontribusi juga tak jauh berbeda. Pada 2012, kontribusi bus dalam kecelakaan lalu lintas jalan sekitar 3,09%. Namun, pada 2014 turun menjadi 2,83%.

Di dalam kelompok bus, keterlibatan Kopaja dan Metro Mini juga ternyata mengalami penurunan. Untuk Kopaja, bila pada 2012 jumlah bus yang terlibat kecelakaan sebanyak 70 unit, anjlok menjadi 47 unit pada 2014. Artinya, keterlibatan bus sedang tersebut merosot hingga sekitar 33%.

Begitu juga dengan bus sedang lainnya, yakni Metro Mini. Angkutan umum yang satu ini tercatat sebanyak 96 unit pada 2012. Namun, pada 2014 anjlok sekitar 39% menjadi 59 unit yang terlibat kecelakaan lalu lintas jalan.

bus merosot di jakarta

Sekalipun terjadi penurunan dari segi volume yang terlibat kecelakaan, bukan berarti para pengelola angkutan umum itu berdiam diri. Sudah selayaknya dibangun manajemen keselamatan jalan yang ketat sehingga mampu menekan potensi terjadinya kecelakaan di jalan. Tidak hanya itu dengan penerapan manajemen keselamatan yang ketat diharapkan tingkat fatalitas juga dapat dipangkas.

Membangun budaya keselamatan jalan di tubuh angkutan umum memang tidak mudah. Pasti ada sejumlah tantangan, seperti misalnya dari segi sumber daya manusia (SDM). Karena itu, butuh pengawasan yang ekstra ketat dari otoritas transportasi yang ada di Jakarta. Setuju? (edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 18 September 2015 01:57

    Ngeriii … 😦

    https://nofgipiston.wordpress.com/2015/09/18/apa-saja-sih-yang-kalian-harapkan-di-yamaha-mt-15/

  2. 19 September 2015 20:12

    Dari dulu angkot gak pernah memikirkan para penumpangnya…..penumpang di anggep sapi…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: