Skip to content

Telat Bayar SWDKLLJ Bisa Kena Denda 100%

17 September 2015

kemacetan jelang per4an kuningan

BANYAK diantara kita yang sudah tahu tentang Sumbangan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Tapi, barangkali masih sedikit yang tahu bahwa kalau telat membayar sumbangan yang satu ini Anda bakal dikenai denda.
“Dendanya kok gede banget yah? Saya telat bayar, eh didenda Rp 100 ribu,” tutur kolega saya yang telat membayar pajak mobil, saat berbincang dengan saya, Rabu, 16 September 2015 malam.
Kolega saya yang lain menimpali. “Saya juga punya pengalaman kena denda, tapi untuk motor, dendanya Rp 32 ribu.”
Apa hubungannya pajak kendaraan bermotor dengan SWDKLLJ?
Baiklah, untuk menyegarkan ingatan kita, begini ceritanya.

SWDKLLJ merupakan premi asuransi yang dibayarkan oleh para pengusaha/pemilik alat angkutan lalu lintas jalan kepada perusahaan yang menyelenggarakan dana kecelakaan lalu lintas jalan. Dalam hal ini, setiap pemilik kendaraan bermotor dikenai pungutan yang lalu dananya disetorkan ke PT Jasa Raharja, selaku badan usaha milik negara (BUMN) yang mengelola dana SWDKLLJ.

Besaran SWDKLLJ bervariasi, saat ini, kalau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 36/PMK.010/2008 untuk sepeda motor diatas 50cc sampai dengan 250cc tarifnya Rp 32 ribu. Selain itu, dikenai biaya penggantian pembuatan Kartu Dana/Sertifikat sebesar Rp 3 ribu. Jadi total Rp 35 ribu.

Oh ya, pungutan SWDKLLJ bersamaan dengan ketika seorang pemilik kendaraan bermotor membayar pajak kendaraan bermotor sebagai bagian dari pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di kantor Samsat. Pengesahan STNK dibayar setiap tahun sesuai dengan tanggal jatuh temponya.

Persoalan muncul manakala pembayaran sudah melampaui jatuh tempo. Karena itu, jadilah sang pemilik kendaraan bermotor dikenai denda. Nah, kolega saya yang tadi kena denda Rp 32 ribu karena telat membayar. Artinya, dia kena denda 100% dari tarif. Kok begitu?

Ternyata di dalam PMK No 36/PMK.010/2008 itu memang diatur demikian. Coba saja lihat di pasal 6 ayat 1. Disitu dibilang bahwa denda maksimal adalah 100% dengan besaran denda terbesar adalah Rp 100 ribu. Artinya, mau telat seminggu, sebulan, atau satu tahun sama saja. Kecuali ada pertimbangan tersendiri dari direksi Jasa Raharja akibat adanya hambatan geografis, keterlambatan dimaksud bisa ditolerir hingga maksimal 15 hari kerja.

denda swdkllj mobil

Disinilah terjawab bahwa kolega saya yang telat membayar pajak mobil dikenai sanksi denda SWDKLLJ sebesar Rp 100 ribu. Sedangkan kolega saya yang telat membayar pajak motor dikenai denda Rp 32 ribu.

Tahukah Anda bahwa pendapatan Jasa Raharja dari denda SWDKLLJ pada 2014 mencapai sekitar Rp 783 miliar? Artinya, angka itu setara dengan 23,96% dari pendapatan SWDKLLJ Jasa Raharja yang tahun itu menyentuh sekitar Rp 3,2 triliun. Gede yah?

Lantas, dana dari denda dan pokok SWDKLLJ itu untuk apa?

Pasti diantara kita juga sudah banyak yang tahu, yakni untuk santunan korban kecelakaan lalu lintas jalan. Baik itu pengguna kendaraan bermotor maupun pejalan kaki. Soal yang ini silakan mampir kesini.

Sudah jelas soal denda SWDKLLJ? Kalau soal menghitung denda pajak kendaraan bermotor nanti saya segarkan ingatan Anda, walau saat ini jika menelusuri dunia maya sudah banyak bertebaran. (edo rusyanto)

Iklan
4 Komentar leave one →
  1. 17 September 2015 12:42

    Wah, baru tau saya Pak Dhe,,, suwun

  2. An_Syahri permalink
    17 September 2015 20:05

    Nice artikel kang.. Banyak yg ga tahu apa tuch SWDKLLJ. ..

  3. 23 September 2015 04:11

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  4. muhammad zabidi permalink
    26 Juli 2016 11:16

    Rakyat kecil telat pajak 1 atau 2 hari langsung didenda 100%, sementara taipan / cina2 pengemplang pajak milyaran diampuni. Negara macam apa ini? Negara tengik, pejabat2 tengiiik!!!
    Mana sila ke 5 dari pancasila???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: