Skip to content

Para Relawan Kopcau Gelar Pameran Poster Road Safety

16 September 2015

IMG-20150916-WA008

RELAWAN Kopdar Pengicau (Kopcau) gigih menyuarakan pentingnya keselamatan berlalu lintas jalan. Maklum, setiap hari, Indonesia kehilangan 78 warganya akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Gerakan Kopcau mengajak publik agar lebih fokus dan waspada saat berlalu lintas jalan guna memangkas fatalitas yang lebih buruk.

Kali ini, jurus yang dipakai oleh komunitas tersebut adalah dengan menggelar pameran poster di ajang Pameran Transportasi yang digelar di Gedung Smesco, Jakarta. Dalam pameran yang digelar sepanjang 16-18 September 2015 itu Kopcau memajang 14 dari 42 poster yang telah dibuat sepanjang 2013-2015.

“Poster road safety kami pasang di booth pameran tersebut dan terbuka untuk umum, gratis,” kata Fiyan, salah seorang pengurus Kopcau, di Jakarta, Rabu, 16 September 2015 pagi.

Dia menambahkan, selain menggelar pameran poster, komunitasnya juga menyebarkan kartu pos keselamatan jalan (road safety). Kartu pos tersebut berisi pesan keselamatan jalan yang didesain secara khusus guna memperuluas jangkauan penyebaran pesan di tengah masyarakat. “Kami bagikan kepada masyarakat yang datang ke booth kami,” tutur mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta itu.

Menurut dia, pesan-pesan keselamatan jalan yang diusung dalam pameran kali ini beragam. Ada poster yang mengajak agar para pengguna jalan tidak menjarah trotoar jalan. Digambarkan bahwa perilaku merangsek trotoar adalah tindakan merampas hak pejalan kaki. Lalu, ada poster ajakan untuk tidak berponsel sambil mengemudi. Maklum, salah satu perusak konsentrasi saat berkendara adalah aktifitas berponsel.

“Ada juga poster dan kartu pos tentang jangan memberi anak di bawah umur berkendara,” tambah dia.

pameran kopcau_pengunjung1

Pameran kali ini digelar Kopcau bekerjasama dengan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). Sedangkan untuk pengadaan material pameran maupun kartu pos road safety didukung oleh Blue Bird. “Kami ingin ada materi keselamatan jalan dalam pameran kali ini dan teman-teman relawan ini amat membantu,” papar Deddy Herlambang, direktur eksekutif MTI.

Bagi Kopcau, ajang pameran adalah salah satu jurus dalam menyebarkan kampanye road safety. Secara rutin, yakni setiap hari, komunitas ini menyebarkan kampanye lewat media sosial. Namun, secara berkala komunitas anak-anak muda ini juga menggelar aksi damai turun ke jalan mengajak para pengguna jalan untuk sadar soal keselamatan dirinya dan orang lain.

pameran kopcau_booth

Beberapa aksi turun ke jalan komunitas ini antara lain adalah aksi damai Mudik Selamat tahun 2015 yang digelar bersama empat komunitas lain di Jakarta. “Selain itu, kami juga sedang menyiapkan aksi turun ke jalan dengan tema ajakan tidak menjarah trotoar sebagai hak pedestrian,” tutur Edo Rusyanto, pendidi Kopcau.

Kopdar Pengicau didirikan di Jakarta pada 23 Desember 2012. Awalnya, komunitas ini beranggotakan para admin twitter dari komunitas atau klub sepeda motor di Jabodetabek. Kini, setiap individu bisa menjadi anggota komunitas itu asal memiliki kepedulian pada masalah keselamatan jalan.

pameran kopcau_pengunjung

Dalam kopdar yang digelar dua minggu sekali pada Jumat malam, Kopdar Pengicau menelorkan satu poster digital yang berisi pesan kampanye keselamatan jalan. Poster digital itu disebar lewat akun twitter @kopdarpengicau dan akun para anggotanya. Selain itu, disebar juga lewat media sosial lainnya seperti facebook, path, dan makro blogging hingga media massa konvensional. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: