Lanjut ke konten

Mari Mengenal Makna Rambu Jalan

11 September 2015

rambu kecepatan di lingkungan

BANYAK ragam rambu di jalan raya. Dalam tulisan ini saya sekadar menyegarkan ingatan kita tentang makna rambu lalu lintas jalan yang saat ini berlaku di Indonesia.

Oh ya, pentingnya mengikuti rambu tak semata untuk agar pengguna jalan tidak tersesat, tapi juga bisa membantu lebih aman, nyaman, dan selamat. Rasanya menjadi akan lebih mudah mewujudkan lalu lintas jalan yang humanis bila seluruh pengguna jalan memamahi dan mengikuti rambu yang ada. Persoalannya, kadang ada yang tidak tahu makna rambu tersebut. Atau, sudah tahu tapi pura-pura tidak tahu. Nah, kalau yang ini repot urusannya.

Rambu Peringatan

Rambu peringatan berfungsi untuk memberi peringatan kemungkinan ada bahaya atau tempat berbahaya di depan pengguna jalan. Misal, peringatan akan bahaya longsoran batu kerikil yang kemungkinan jatuh dari tebing di sisi jalan.

Bentuk rambu ini memiliki warna dasar kuning dengan lambang atau tulisan berwarna hitam. Lihat contoh di bawah ini.

longsoran kiri dan kanan

Rambu Larangan

Rambu larangan sesuai namanya mengisyaratkan perbuatan-perbuatan yang dilarang untuk dilakukan oleh para pengguna jalan. Mulai dari pejalan kaki, pengguna kendaraan tidak bermotor hingga pengguna kendaraan bermotor.

Rambu ini memiliki warna dasar putih dan lambang atau tulisan bewarna hitam atau merah. Contoh, rambu larangan berbalik arah dan larangan mendahului seperti di bawah ini.

larangan balik arah dan mendahului

Rambu Perintah

Rambu perintah bermakna perintah yang wajib dilakukan oleh para pengguna jalan. Contohnya, perintah kecepatan minimum seperti dibawah ini.

Dalam penyajiannya, rambu perintah berbentuk bundar berwarna biru dan lambang atau tulisan
berwarna putih serta merah untuk garis serong sebagai batas akhir perintah.

perintah kecepatan minimum

Rambu Petunjuk

Malu bertanya sesat di jalan, nah tidak tahu makna rambu pendahulu petunjuk jurusan juga bisa tersesat loh. Rambu pendahulu petunjuk jurusan, rambu petunjuk jurusan dan dan rambu penegas jurusan yang menyatakan petunjuk arah untuk mencapai tujuan antara lain kota, daerah/wilayah serta rambu yang menyatakan nama jalan dinyatakan dengan warna dasar hijau dengan lambang dan/atau tulisan warna putih.

Rambu petunjuk jurusan menggunakan huruf kapital pada huruf pertama, dan selanjutnya menggunakan huruf kecil dan/atau seluruhnya menggunakan huruf kapital dan/atau huruf kecil.

pendahulu petunjuk jurusan

Sedangkan khusus rambu petunjuk jurusan kawasan dan objek wisata dinyatakan dengan warna dasar coklat dengan lambang dan/atau tulisan warna putih.

petunjuk jurusan wisata

Selain itu, rambu petunjuk yang menyatakan tempat fasilitas umum, batas wilayah suatu daerah, situasi jalan, dan rambu berupa kata-kata serta tempat khusus dinyatakan dengan warna dasar biru.

Itulah makna dan contoh sejumlah ramb lalu lintas jalan. Negara wajib menyediakan rambu dan marka jalan untuk kelengkapan infrastruktur jalan. Sedangkan para pengguna jalan wajib mentaati rambu dan marka tersebut.

Sekadar menyegarkan ingatan kita, pelanggaran terhadap marka dan rambu bisa dikenai sanksi. Menurut Undang Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) sanksinya bisa berupa denda maksimal Rp 500 ribu. Atau, penjara maksimal dua bulan. (edo rusyanto)

2 Komentar leave one →
  1. 11 September 2015 17:36

    Semoga rakyat Indonesia semakin sadar rambu.. Seharusnya ada satu lagi rambu spesial. Gambat uang seratus ribuan dan disilang 😆 artinya…

Trackbacks

  1. Di Trotoar Ini Pesepeda Kayuh Dilarang Melintas | Edo Rusyanto's Traffic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: