Skip to content

Ini Wilayah yang Dibanjiri Sepeda Motor

6 Agustus 2015

motor wilayah jan jun 15

SEPEDA motor masih menjadi pilihan. Kendaraan roda dua ini dipilih untuk membantu transportasi sang pengguna. Mulai dari urusan mencari nafkah hingga urusan anjang sosial, bahkan untuk urusan berekspresi diri menuntut hak kepada sang penguasa.

Di Indonesia, penyebaran sepeda motor hampir mencakup ke seluruh wilayah. Pulau-pulau besar, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi menjadi sasaran utama penjualan sepeda motor. Tak heran jika data resmi pemerintah menyebutkan tak kurang dari 80 juta sepeda motor yang kini bersemayam di bumi Nusantara.

Sepanjang semester pertama 2015, Jawa menjadi wilayah paling banyak diguyur sepeda motor. Pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia ini menyerap hampir 65% dari total penjualan motor yang mencapai 3,2 juta unit.

Jawa yang berpenduduk sekitar juta jiwa ini pada semester satu 2015 diguyur tak kurang dari dua juta motor. Artinya, setiap hari ada lebih dari 11 ribu motor yang terjual. Tak heran jika di kota-kota besar di Jawa, kita dengan mudah melihat sepeda motor wira-wiri di jalan raya. Bahkan, kini tak hanya kota besar, di pelosok desa pun sepeda motor bak kacang goreng. Lagi-lagi, sepeda motor menjadi favorit untuk penduduk bertransportasi ria.

Oh ya, kontribusi Jawa pada semester pertama 2015 melonjak bila dibandingkan periode sama 2014. Setahun sebelumnya, kontribusi Jawa sekitar 62% dari total penjualan sepeda motor.

Nah, di luar Jawa, komposisi penyerapan sepeda motor terdiri atas, Sumatera 530 ribuan unit (16,78%), Sulawesi 230 ribuan unit (7,38%), dan Kalimantan 190 ribuan unit (6%). Selain itu, Bali Nusra 140 ribuan unit (4,51%) dan Maluku Papua 13 ribuan unit (0,41%).

Khusus Sulawesi, periode tahun ini mampu menggeser Kalimantan dari posisi tiga besar. Setahun sebelumnya, Sulawesi menempati posisi keempat dengan pangsa pasar sekitar 6,76%. Saat itu, Kalimantan di posisi ketiga dengan pangsa pasar 7,68%. Entah mengapa, barangkali Sulawesi makin butuh banyak sepeda motor. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 6 Agustus 2015 08:02

    Segmen berdarah-darah anehnya semua kebagian kue

    English-Indonesian Translator PING! me 56D75321

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: