Lanjut ke konten

Koalisi Lima Komunitas Buat Mudik

27 Juni 2015

POSTER DIGITAL1

FAKTA tingginya kasus kecelakaan selama arus mudik Lebaran membuat masyarakat gerah. Bagaimana tidak, setiap hari dalam musim mudik bergelimpangan 41 jiwa akibat kecelakaan di jalan. Belum lagi mereka yang menderita luka-luka, jumlahnya mencapai ratusan orang per hari.

Diantara kelompok masyarakat yang gerah itu adalah koalisi lima komunitas, yakni Kopdar Pengicau (Kopcau), Mailing List Yamaha Scorpio (Milys), Honda Vario Club (HVC) Jakarta, Independent Bikers Club (IBC), dan Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman). Koalisi ini mengajak para pemudik untuk lebih aman dan selamat. “Salah satu caranya dengan merancang manajemen mudik yang baik,” kata Acoi, ketua IBC saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Koalisi ini memilih sejumlah kegiatan sebagai upaya ajakan kepada publik. Dua di antaranya adalah berupa diskusi ‘Manajemen Mudik yang Aman dan Selamat’ dan ‘Aksi Simpatik bagi Pemudik.’ Sedangkan satu aksi lainnya digulirkan sepanjang bulan puasa lewat jejaring media sosial seperti yang sedang Anda baca saat ini. “Kami bikin poster digital mudik aman yang disebarkan lewat twitter,” ujar Iful, ketua Kopcau.

Menurut Rahboy, ketua Milys, ajakan kepada masyarakat untuk mudik aman dan selamat merupakan kepedulian kepada sesama pengguna jalan. Selain itu, ditambahkan, Fahmi, ketua HVC Jakarta, bila perjalanan mudik dan balik berjalan aman, nyaman, dan selamat, silaturrahmi menjadi kian indah. “Keluarga tercinta menanti kita di rumah,” paparnya.

Oh ya, kegiatan koalisi lima komunitas ini digelar pada Sabtu, 4 Juli 2015 dan Sabtu, 11 Juli 2015. Selengkapnya bisa dilihat di info grafis yang ada di artikel ini. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: