Skip to content

Menguak Fakta Tercecer Kecelakaan 2.620 Bus

23 Juni 2015

transjakarta laka mampang 2015

KECELAKAAN lalu lintas jalan yang melibatkan bus ternyata menyedot perhatian banyak kalangan di Jakarta. Tak terkecuali sang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Gubernur sampai-sampai menginstruksikan penggantian bus yang usang dengan yang baru. Bahkan, khusus bus Trans Jakarta, dia meminta perawatan bus dilakukan oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM) agar lebih terjamin kenyamanan dan keselamatan para pengguna bus.

Lantas, seperti apa fakta-fakta kecelakaan yang melibatkan bus di Jakarta dan sekitarnya? Bagaimana perbandingannya dengan kendaraan bermotor lainnya?

Saat ini, bus menjadi angkutan umum massal wira-wiri melayani warga Jakarta. Ukuran bus yang beroperasi bisa dibagi dua, yakni ukuran sedang dan ukuran besar. Di Jakarta, saat ini terdapat sejumlah operator bus berukuran besar di antaranya Trans Jakarta, Mayasari, PPD, dan Damri. Sedangkan untuk ukuran sedang antara lain adalah Kopaja dan Metro Mini.

Ada dua yang memiliki kekhasan, yakni bus Damri yang melayani angkutan dari dan menuju bandara. Lalu, Trans Jakarta yang memiliki jalur tersendiri (busway). Kekhasan tadi termasuk sistem pengupahan kepada para pengemudi yang memakai sistem gaji bulanan.

Terkait dengan kecelakaan lalu lintas jalan, setidaknya ada sejumlah fakta yang perlu kita ketahui. Mari kita intip data yang dilansir Ditlantas Polda Metro Jaya berikut ini.

Pertama, Ditlantas Polda Metro Jaya yang menaungi Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek) membagi kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan menjadi angkutan umum, mobil penumpang (pribadi), angkutan beban, sepeda motor, dan sepeda kayuh. Bus dimasukkan dalam kelompok angkutan umum.

Kedua, sepanjang lima tahun terakhir, 2010-2014, jumlah angkutan umum yang terlibat kecelakaan mencapai sebanyak 4.962 unit. Artinya, rata-rata setiap hari hampir 1.000 angkutan umum terlibat kecelakaan di jalan.

Ketiga, kontribusi angkutan umum dalam kendaraan yang terlibat kecelakaan dalam lima tahun terakhir rerata 8,61%. Posisi angkutan umum menempati posisi keempat, sedikit terpaut dengan sepeda kayuh yang di posisi kelima.

Keempat, dari total angkutan umum, kontribusi bus mencapai 2.620 unit sepanjang lima tahun terakhir. Angka itu setara dengan sekitar 53% dari total kendaraan angkutan umum.

Kelima, dalam kelompok bus, jenis bus besar menjadi penyumbang terbesar yakni sekitar 37%. Lalu, Metromini sekitar 9% dan Kopaja sekitar 6%.

Keenam, di wilayah Polda Metro Jaya, Jakarta menjadi wilayah yang terbanyak terjadinya kecelakaan yang melibatkan bus. Sepanjang lima tahun terakhir, 2010-2014, sumbangan Jakarta sekitar 64,50% dari total kecelakaan bus. Selebihnya tersebar di Bekasi (18,23%), Tangerang (15,10%), dan Depok (2,17%).

Beragam pemicu kecelakaan lalu lintas jalan yang melibatkan bus. Kondisi kendaraan seperti rem blong menjadi yang dominan, sedangkan faktor lain adalah kondisi sang pengemudi yang lelah atau mengantuk.

Khusus terkait Trans Jakarta, kecelakaan juga dipicu oleh faktor pengendara lain. Misal, pesepeda motor yang masuk ke dalam busway. Sedangkan kasus seperti yang terjadi di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin, 22 Juni 2015 merupakan kasus khusus. Kecelakaan terjadi bukan di busway mengingat sang bus baru saja mengisi bahan bakar gas (BBG). Bus menabrak 11 kendaraan bermotor, mobil dan sepeda motor serta melukai 11 orang.

Laman viva.o.id menyebutkan, kecelakaan bus Operator Jakarta Trans Mayapada (JTM) nomor bodi JTM001 terjadi di pintu keluar SPBG (stasiun pengisian bahan bakar gas) Mampang, Jakarta Selatan. Semua korban masih dalam perawatan. Satu orang dirawat di RS Metropolitan Medical Center, tiga orang di RS Tebet, satu orang di RS Jakarta Medical Center. Lalu, empat orang di RS Fatmawati dan dua orang di RS Medistra. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pada pagi hari itu. (edo rusyanto)

Iklan
3 Komentar leave one →
  1. 23 Juni 2015 13:17

    Reblogged this on Suetoclub's Blog and commented:
    hmmm

  2. 24 Juni 2015 11:34

    Nitip gan :

    Kami Memiliki Software Klinik Ready Install, Software RS, Software Apotik, Software Toko, Software Minimarket, Software Trading Distributor.

    http://www.franiksoft.com

  3. 24 Februari 2016 15:06

    Tgl 24-02-2016
    Bus APTB di citra land pintu sebelah kiri terbuka sndiri…dan mengenai seorang kendaraan bermotor yg terhembas ke jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: