Skip to content

Selamat Berpuasa Melanggar Aturan di Jalan

17 Juni 2015

helm pemotor madura1

Ramadan telah tiba. Mulai pertengahan Juni 2015 ini umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa 1436 Hijriah. Mensucikan diri dari segala perbuatan dosa. Menghapus perbuatan yang melanggar aturan, termasuk tidak melanggar aturan di jalan raya.

Ibadah puasa dilakukan sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. Menahan haus dan lapar. Menahan emosi dan segala nafsu angkara murka. Pada akhir perjuangan, mereka memetik jiwa yang suci. Kembali fitri.

Semua itu butuh kesungguhan dan perjuangan. Keduanya membutuhkan pengorbanan.

Saat berkendara di jalan raya, tantangan demi tantangan bermunculan, terlebih bagi para pengendara sepeda motor. Terik matahari yang menyengat, debu dan asap knalpot hingga bising suara mesin. Bahkan, tak jarang diselingi aksi adu emosi. Kesemua itu menjadi tantangan tersendiri.

Berkendara dalam kondisi puasa menghadapi jalan raya yang seperti tadi tentu bagi sebagian orang bukan persoalan mudah. Inilah ujian menempa diri.

Para pengendara mutlak terus berkonsentrasi. Esensi ibadah puasa yang menempa kesabaran diri diwujudkan dengan tingkah polah tak mudah terprovokasi. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan meredam emosi agar tidak merusak konsentrasi.

Melanggar aturan agama, berdosa. Saat ibadah puasa kesemua itu menjadi bagian dalam menjalankan aturan agama. Sudah semestinya juga mampu puasa melanggar aturan di jalan. Walau, perilaku itu tentu semestinya menjadi budaya sehari-hari. Perilaku penuh toleransi dan sudi menjalani aturan yang ada.

Semuanya punya tujuan sama, yakni hidup lebih aman, nyaman, dan selamat. Begitu juga di jalan raya. Mewujudkan jalan raya yang humanis, jalan raya yang minim fatalitas jalan adalah wujud hidup yang nyaman.

Menahan diri tidak melanggar aturan di jalan bisa menekan fatalitas. Fakta memperlihatkan bahwa sekitar 42% kecelakaan dipicu oleh perilaku berkendara ugal-ugalan alias melanggar aturan. Jika para pengendara mampu mengerem perilaku melanggar aturan sudah semestinya pararel dengan menurunkan potensi fatalitas yang lebih buruk. Selamat beribadah puasa ramadan. (edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 17 Juni 2015 15:01

    Aamiin.. semoga kita semua bisa menahan dari segala godaan hawa nafsu kita

  2. 21 Juni 2015 10:38

    Nitip Info Gan :
    Pabrik Kelapa Sawit, take over 4.33Ha, SHGB, Produksi 10Ton tbs/jam, Lokasi&Akses terbaik Lampung Utara Trans Sumatra, Murah Jelas Untung. More Information : Milik Keluarga H. Sultoni 081319618899 / 08561881977

    https://jualpabrikkelapasawit.wordpress.com/2015/06/16/jual-pabrik-kelapa-sawit/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: