Lanjut ke konten

Dianggap Lalai Bawa Motor, Pria Ini Dihukum Enam Bulan

10 Juni 2015

jalan tanpa pemisah

KEADILAN kadang rumit. Peristiwa yang dialami Max, kita sapa saja begitu, bisa memperlihatkan hal itu. Pengendara sepeda motor ini harus jatuh bangun memperjuangkan keadilan, walau hasil akhirnya tetap mengharu biru. Dia divonis penjara enam bulan.

Pilu yang dipikul Max bermula saat suatu petang, saat matahari mulai kembali kesingasana, dia melaju dengan sepeda motornya. Kecepatan si kuda besinya tak melebihi dari 50 kilometer per jam (kpj). Tiba-tiba dari arah berlawanan muncul sepeda motor yang kendarai oleh dua orang. Entah kenapa, belakangan gara-gara ini dia dianggap lalai, dia menabrak sepeda motor yang datang dari arah berlawanan itu. Brakkkk!!!

Max dan pengendara sepeda motor yang dia tabrak pun harus menderita luka-luka. Kaki Max patah, sedangkan pengendara yang ditabrak menderita luka berat.

Korban meminta kasus berlanjut ke meja hijau. Hasilnya, Max divonis tiga tahun penjara. Sontak Max keberatan. Dia pun mengajukan banding dan vonisnya menjadi ringan, yakni satu tahun penjara. Melihat hasil itu Max tetap berkukuh tidak bisa menerima. Kasasi pun dilayangkan ke Mahkamah Agung.

Dia menyodorkan fakta-fakta bahwa kondisi jalan di lokasi kejadian perkara tak memiliki garis pemisah. Dengan begitu, dia menganggap bahwa sulit menentukan siapa yang berada di jalur yang keliru. Di sisi lain, fakta lain adalah bahwa kendaraan korban tidak menyalakan lampu utama.

Melihat fakta-fakta tambahan itu Mahkamah Agung akhirnya membuat putusan memvonis Max dengan hukuman penjara selama enam bulan.

Dalam kasus ini Max dijerat dengan pasal 310 ayat (3) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Aturan ini menegaskan bahwa orang yang lalai dan menyebabkan kecelakaan hingga korban luka berat diancam pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau denda paling banyak Rp 10 juta. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: