Skip to content

Kecelakaan Fatal Balap Motor 40 Tahun Terakhir

8 Juni 2015

simoncelli-laka-sepang

PARA pebalap sepeda motor pasti menyadari risiko dari ajang olahraga adu kebut itu. Karena itu, proteksi terhadap diri sang pebalap dirancang semaksimal mungkin.

Memperkecil risiko lebih fatal dirancang mulai dari pemakaian helm yang mumpuni hingga baju balap yang protektif, namun tetap nyaman. Bahkan, aturan main yang dibuat penyelenggara ajang balap juga dibuat sedemikian rupa demi melindungi para pebalap. Sekalipun demikian kecelakaan masih dapat terjadi.

Sepanjang 40 tahun terakhir, yakni 1975-2015, tercatat sejumlah kecelakaan fatal di ajang balap sepeda motor di seantero dunia. Kecelakaan-kecelakaan tersebut ada yang terjadi saat sesi latihan dan ada yang saat adu balap berlangsung.

Berikut ini adalah catatan kecelakaan fatal yang dikumpulkan dari berbagai sumber di jejaring internet.

1. GP Mugello, Italia, 16 Mei 1976

Kecelakaan yang menimpa Otello Buscherini pada 16 Mei 1976 membuat pebalap asal Italia ini meregang nyawa. Pria kelahiran 19 Januari 1949 ini mengalami kecelakaan fatal saat mengikuti balap untuk meraih prestasi setelah tiga kli memenangi balapan.

Dari 29 balapan yang dijalaninya, Buscherini mengemas tiga kali kemenangan dan 17 kali naik ke podium.

2. GP Opatija, Yugoslavia, 19 Juni 1977

Ajang balap sepeda motor GP Yugoslavia merenggut pebalap, Ulrich Graf pada 19 Juni 1977. Laman wikipedia menyebutkan, pria kelahiran 15 Agustus 1946 ini mencatat tahun terbaiknya pada 1976 ketika berhasil memenangi Grand Prix 50cc Yugoslavia. Pebalap asal Swiss ini juga berhasil menempati posisi ketiga di kejuaraan dunia 50cc pada tahun yang sama.


3. GP Silverstone, Inggris, 10 Agustus 1980

Sirkuit balap Silverstone, Inggris menghempaskan pebalap asal Perancis, Patrick Pons. Pebalap kelahiran Paris, 24 Desember 1952 ini meninggal dunia akibat kecelakaan yang menimpanya pada 10 Agustus 1980.

Menurut catatan laman wikipedia, tahun terbaiknya adalah pada 1974 saat dia menempati posisi ketiga di 250cc dan kejuaraan dunia 350cc. Dia menjasi orang Perancis pertama yang memenangi kejuaraan dunia FIM pada 1979.

4. GP Yugoslavia, Yugoslavia, 31 Mei 1981

Kecelakaan fatal pada 31 Mei 1981 membuat pebalap asal Perancis, Michel Rougerie meninggal dunia. Kecelakaan yang terjadi di Grand Prix Yugoslavia itu memupus harapan pria muda ini untuk berkiprah di kancah balap internasional.

Menurut catatan laman wikipedia tahun terbaik Michel Rougerie adalah pada 1975 ketika dia memenangi dua balapan.

5. GP Bugatti, Lemans, Perancis, 29 Maret 1983

Ajang balap di sirkuit Bugatti, Lemans, Perancis dikenang karena dua kecelakaan fatal. Kecelakaan pertama terjadi pada 29 Maret 1983 yang menewaskan pebalap Jepang, Iwao Ishikawa dalam ajang latihan.

Meninggalnya Iwao Ishikawa akibat tabrakan yang terjadi antara dirinya dengan pebalap Italia, Loris Reggiani. Laman wikipedia menyebutkan, Iwao Ishikawa meninggal akibat cedera parah yang dideritanya.

6. GP Bugatti, Lemans, Perancis, 3 April 1983

Sirkuit Bugatti, Lemans, Perancis mencatat berita duka ketika sebuah kecelakaan menimpa pebalap asal Swiss, Michel Frutschi. Laman Newyork Times menyebutkan, pria kelahiran 6 Juni 1953 meninggal akibat luka-luka yang dideritanya.

Harian itu bahkan menyebutkan bahwa kecelakaan Frutschi merupakan kecelakaan fatal kedua setelah sebelumnya pebalap Jepang, Iwao Ishikawa meninggal dalam sesi latihan di sirkuit yang sama.
Frutschi mengalami kecelakaan dalam putaran ke-5 di Grand Prix tersebut. Saat kejadian, dia berada di posisi ke-7. Regu penolong membawanya ke rumah sakit, namun pada sekitar pukul 16.30 hari yang sama dia meninggal dunia.

7. GP Silverstone, Inggris, 31 Juli 1983

Sebuah kecelakaan menewaskan dua pebalap pada 31 Juli 1983 di sirkuit Silverstone, Inggris. Kecelakaan terjadi antara Norman Brown asal Inggris dan Peter Huber, Swiss.

Laman wikipedia mencatat bahwa saat ajang balap digelar hujan turun dan kecelakaan pun terjadi. Keduanya tak dapat diselamatkan akibat cedera yang sangat serius.

8. GP Belgia, Belgia, 7 Juli 1984

Kecelakaan fatal saat latihan terjadi di GP Belgia. Catatan wikipedia menyebutkan bahwa kecelakaan itu menewaskan Kevin Wretton pebalap asal Inggris.

9. GP Perancis, Perancis, 21 Juli 1988

Kecelakaan fatal lainnya saat sesi latihan terjadi di GP Perancis, 21 Juli 1988. Peristiwa itu menewaskan pebalap asal Jerman, Alfred Heck.


10. GP Hockenheim, Jerman, 28 Mei 1989

Pebalap muda Ivan Palazzese mengalami kecelakaan fatal pada ajang balap sepeda motor GP Hockenheim, Jerman pada 28 Mei 1989. Laman wikipedia menyebutkan bahwa kecelakaan terjadi ketika mesin sepeda motor Palazzese mengalami masalah sehingga tiba-tiba melambat. Tabrakan pun tak terhindarkan yang membuat Palazzese terjatuh di lintasan balap. Saat ia berusaha bangkit dia tertabrak lagi. Luka-luka yang diderita menyebabkan dirinya meninggal.

11. GP Jerez, Spanyol, 1 Mei 1993

Kecelakaan saat latihan juga terjadi di sirkuit Jerez, Spanyol. Peristiwa fatal itu terjadi pada 1 Mei 1993. Pebalap asal Jepang, Nobuyuki Wakai meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

12. GP Hockenheimring, Jerman, 12 Juni 1994

Kali ini kecelakaan saat latihan terjadi di sirkuit Hockenheimring, Jerman. Peristiwa fatal pada 12 Juni 1994 itu menewaskan pebalap asal Inggris, Simon Sebelum.

13. MotoGP Suzuka, Jepang, 6 April 2003

Sebuah kecelakaan fatal menyebabkan pebalap asal Jepang, Daijiro Kato meninggal dunia pada 2013. Kecelakaan terjadi di lap keempat GP Jepang pada 6 April 2013. Sepeda motor Kato, RC211V menabrak dinding pembatas lintasan.

Laman wikipedia menulis, sepeda motor Kato hancur. Dia sempat bertahan hidup dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis dengan menggunakan helikopter. Berita meninggalnya juara dunia GP 250 cc tahun 2001 ini merebak pada 20 April 2003, dua minggu setelah GP Jepang. Pebalap kelahiran Saitama, Jepang, 4 Juli 1976 ini meninggalkan istri, seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan yang lahir beberapa waktu sebelum kecelakaan naas itu terjadi.

laka truk siswa1

14. GP San Marino, Italia, 5 September 2010

Pebalap asal Jepang, Shoya Tomizawa meninggal dunia akibat kecelakaan di sirkuit San Morino, Italia. Kecelakaan yang terjadi pada 5 September 2010 itu terjadi ketika pebalap muda asala Jepang itu selip dan terjatuh di lintasan balap.

15. GP Sepang, Malaysia, 23 Oktober 2011

Kecelakaan fatal terjadi di sirkuit Sepang, Malaysia, pada Minggu, 23 Oktober 2011. Simoncelli terjatuh di tengah lintasan. Imbasnya, ia dihantam Colin Edwards yang tengah berada di belakangnya. Red flag pun dikibarkan dan balapan dihentikan.

Valentino Rossi juga sempat terkena imbas tabrakan dari kedua pembalap itu. Namun, Rossi yang sempat tersasar keluar trek, baik-baik saja.

16. Sirkuit Sentul Karting, Bogor, Indonesia, 9 Agustus 2014

Kecelakaan fatal juga terjadi di sirkuit Indonesia. Peristiwa pada 10 Agustus 2014 itu menewaskan pebalap Denny Triyugo saat sesi latihan Indoprix 2014 seri ketiga di sirkuit Sentul Karting, Bogor.

Laman otomotifnet menulis, pebalap itu terjatuh di tikungan 9 sesi free practice 2 IP 110cc. Low slide dan jatuhnya kepala belakang membentur aspal terlebih dahulu.

Saya pernah menulis bahwa dalam balapan sepeda motor, terlebih di ajang MotoGP, risiko terjatuh atau bertabrakan tentu sudah dihitung sedemikian rupa. Karena itu, lihatlah kelengkapan perlindungan keselamatan yang dikenakan para pembalap. Super lengkap. Mulai dari sarung tangan, pelindung lutut, pelindung punggung, hingga tentu saja helm dengan kualitas prima. Sekalipun sudah melengkapi diri dengan perlengkapan keselamatan yang amat lengkap, tetap saja risiko patah tulang, bahkan yang amat fatal yakni kehilangan nyawa, masih terbuka menimpa para pembalap.

Bayangkan jika kita berkendara dengan minim kelengkapan perlindungan keselamatan di jalan raya seperti kota Jakarta. Belum lagi masih banyak beredarnya para pengendara ugal-ugalan yang memacu sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Risiko kecelakaan dengan segala dampaknya sudah di depan mata.

Karena itu, sudah saatnya kita kian waspada, termasuk terus meningkatkan saling menghargai saat bersepeda motor di jalan raya. ”Kalau mau kebut-kebutan jangan di jalan raya, silakan balapan di sirkuit,” ujar Valentino Rossi, saat menjawab pertanyaan saya dalam jumpa pers di Medan, 28 Februari 2010.

Indonesia masih punya catatan kelam dalam urusan kecelakaan lalu lintas jalan. Setidaknya, pada 2014, setiap jam ada 10 kasus kecelakaan di jalan. Kecelakaan itu merenggut satu jiwa dalam setiap 20 menit. (edo rusyanto)

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 9 Juni 2015 11:15

    wah jarang2 nih eyang nulis motogp :mrgreen:

    • 9 Juni 2015 12:29

      iyah, soalnya nggak mampu menulis 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: