Skip to content

Asyiknya Meluncurkan Poster Digital dari Cibodas

6 Juni 2015

kopcau cibodas di motor

DAHULU kala para pendekar silat diceritakan memilih pegunungan nan hening untuk bertapa. Mereka menjelajah kekuatan bathin dan kanuragan dalam kesendirian sekaligus berdialog dengan sang empunya kekuatan alam semesta.

Di pegunungan nan sejuk juga para “pendekar” kekinian melakukan peningkatan pengetahuan dan soliditas tim. Maka kita mendengar ajang workshop, rapat kerja, hingga simposium di kawasan wisata pegunungan berudara segar seperti di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hasilnya, mereka kian segar dalam menelusuri rutinitas sekembali ke kota.

Komunitas Kopdar Pengicau (Kopcau) ikut memiilih kawasan pegunungan sebagai lokasi berkumpul alias kopi darat (kopdar). Pilihan kali ini jatuh di kawasan Cibodas, Jawa Barat. Cibodas berudara cukup sejuk dengan pemandangan nan hijau di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango. Jaraknya tidak terlalu jauh, yakni sekitar 81  dari basecamp Kopcau di Jakarta. Untuk urusan waktu tempuh berkisar 3-4 jam tergantung kondisi arus lalu lintas, melalui rute Jakarta-Bogor-Ciawi-Puncak-Cibodas via Jl Raya Bogor.

“Kopdar di Cibodas kali ini sebenarnya juga buat mengakomodasi buat yang nggak bisa kopdar malam. Sekaligus silaturahmi dengan anggota Kopcau yang tinggal di luar Jakarta seperti dari Bogor dan Bandung,” ujar Iful, ketua Kopcau, di Cibodas, Sabtu, 6 Juni 2015 siang.

Kopdar yang digelar kedai makan yang bertebaran di sekitar parkiran Taman Nasional Cibodas pun mengalir dengan lancar. Santai, tapi penuh dengan saling bertukar pikiran termasuk merancang kegiatan Kopcau selama ramadan tahun 2015. Kopdar kali ini selain saya dan Iful, hadir juga Eko dari Bekasi serta Yudi dan Nursal dari Bogor. Sedangkan dari Jakarta selain saya dan Iful, hadir juga Bayu dan Fiyan. Sedangkan tamu yang hadir kali ini adalah Dita dari Jakarta.

poster kopcau ke 38

Lazimnya kopdar Kopcau, kali ini juga diisi dengan peluncuran poster digital. Tema yang diusung kali ini adalah soal fakta-fakta kecelakaan yang terjadi di sekitar kita. Mengutip data Korlantas Mabes Polri, fakta yang dituangkan di dalam poster kali adalah tentang setiap satu jam yang terjadi sekitar 10 kecelakaan lalu lintas jalan. Selain itu, fakta setiap 20 menit satu orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas jalan. “Fakta-fakta ini sekaligus mengingatkan kita semua bahwa masih ada masalah serius soal kecelakaan lalu lintas jalan,” kata Nursal.

Selain meluncurkan poster digital, Kopcau juga merancang kegiatan untuk selama ramadan. Tentu saja kegiatan utama adalah menelorkan poster digital. “Kita akan mengusung lima tema terkait ramadan, mulai soal puasa, SOTR, hingga pesan mudik aman dan selamat,” kata Iful.

kopcau cibodas 2015

Sedangkan kegiatan lain, tambah Eko, Kopcau akan terlibat dalam diskusi mengenai standardisasi keselamatan dari Badan Standard Nasional (BSN). “Acaranya nanti tanggal 27 Juni 2015 di Jakarta, bahasan utama adalah terkait soal helm dan SNI,” paparnya.

Ada dua kegiatan lain yang akan digelar Kopcau bersama jaringan lainnya, yakni diskusi mudik aman dan selamat serta aksi simpatik. Khusus aksi simpatik selain mengusung tema keselamatan jalan bagi pemudik juga ada pembagian tajil buat berbuka puasa. Tentu saja Kopcau juga akan menggelar kegiatan buka puasa bersama. Kegiatan-kegiatan tersebut bersinergi dengan jaringan lain, yaitu Independent Bikers Club (IBC), Honda Vario Club (HVC) Jakarta, Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), dan Forum Viva News.

Setelah sekitar lima jam berbincang serius tapi mengasyikan, kopdar Kopcau pun ditutup sekitar pukul 17.00 WIB untuk selanjutnya kembali ke kota masing-masing. “Terimakasih sharingnya eyang Edo dan teman-teman,” ujar Yudi.

Kopcau didirikan di Jakarta pada 23 Desember 2012. Komunitas ini beranggotakan para admin twitter dari komunitas atau klub sepeda motor. Selain itu, para pemilik akun twitter yang peduli pada keselamatan jalan. Dalam kopdar yang digelar dua minggu sekali pada Jumat malam, Kopdar Pengicau menelorkan satu poster digital yang berisi pesan kampanye keselamatan jalan. Poster digital itu disebar lewat @kopdarpengicau dan akun para anggotanya. Selain itu, disebar juga lewat media sosial lainnya seperti blog, facebook, dan path. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: