Skip to content

Ini Akibat Nggak Nyalain Lampu Siang Hari

1 Juni 2015

motor militer jepang1

WAJAH Ocept, kita sebut saja begitu, nampak terperangah. Awalnya, dia cerita bahwa saudaranya kena semprit gara-gara nggak nyalain lampu utama saat naik motor siang hari.

“Kena denda Rp 100 ribu pak,” paparnya, suatu siang saat berbincang dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Hal yang membuatnya terperangah selain denda adalah kok bisa kena tilang oleh aparat Ditlantas Polda Metro Jaya. “Saudara saya sempat bingung, apa karena cuma pake spion satu atau karena nggak nyalain lampu,” paparnya.

Dia pun memperlihatkan foto lembar tilang berwarna biru yang diberikan polisi lalu lintas (polantas). Dalam lembar tilang tertulis bahwa saudaranya dianggap melanggar pasal 293 Undang Undang (UU) No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Setelah ngubek-ngubek UU itu ini dia bunyi pasal yang dimaksud;

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah).

“Berarti tilang Rp 100 ribu itu denda maksimal ya pak? Saudara saya bayar tilang di BRI. Nanti ngambil SIM yang ditilangnya dimana pak?,” berondong Ocept.

Setelah saya bilang bahwa mengambilnya di kantor Ditlantas di Pancoran, Jakarta Selatan, keesokan harinya dia kesana. Dan, keesokan harinya dia terlihat tersenyum sumringah. “Sudah bisa diambil pak SIM nya,” kata dia.

surat tilang lampu utama motor

surat tilang lampu utama motor


Aturan soal lampu utama ternyata ada di dalam pasal 107, UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam ayat (1) ditegaskan bahwa pengemudi kendaraan bermotor wajib menyalakan lampu utama kendaraan bermotor yang digunakan di jalan pada malam hari dan pada kondisi tertentu.

Yang dimaksud dengan “kondisi tertentu” adalah kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan, dan kabut. Aturan tersebut berlaku untuk kendaraan roda dua maupun roda empat alias sepeda motor dan aneka mobil.

Bedanya, khusus bagi sepeda motor ditambah dengan (2) pengemudi sepeda motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Tuh kan.

Saking seriusnya soal lampu utama, para pembuat undang-undang menyiapkan sanksinya. Ini dia, ada di pasal 293 ayat (1) setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada malam hari dan kondisi tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Sedangkan di ayat (2) setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 (lima belas) hari atau denda paling banyak Rp 100 ribu. (edo rusyanto)

Iklan
16 Komentar leave one →
  1. 1 Juni 2015 12:00

    Jadi inget postingan di kaskus masalah kena tilang karena lampu utamanya mati. 🙂

    • 1 Juni 2015 12:08

      kena denda atau sanksi kurungan?

      • 1 Juni 2015 13:24

        Karena satu dan lain hal, ditilang + motornya di tahan, om.
        Ini link nya http://www.kaskus.co.id/thread/54b13463de2cf287718b4571/kena-tilang-rp-1200000-plus-motor-di-sita-tp-hati-puas
        tapi banyak yang ragu sih sama TS. 🙂

        • 1 Juni 2015 13:28

          makasih infonya yah.

  2. Purwo permalink
    1 Juni 2015 15:21

    Maaf pak edo.mohon kl bisa beri penjelasan kpd sy tentang peraturan menyalakan lampu disiang hari…?trims.
    Jujur semenjak peraturan itu dikluarkan,sy masih blom bisa sutuju/sependapat…krn menurut sy peraturan tsb tdk bersifat vital dan mungkin gak prinsip jg…,krn yg ada bohlam lampu lifetimenya semakin pendek,reflector mudah kusam/bisa meleh dibeberapa motor lalu ditambah lg aki mudah tekor/gak awet lg.

    • 1 Juni 2015 16:20

      landasan pemikiran aturan itu berpijak pada prinsip dasar safety riding, yakni terlihat dan melihat. khususnya, untuk agar terlihat. itu yg saya fahami. makasih.

      • Herwanto permalink
        13 Oktober 2016 07:58

        Katanya mata kita bisa melihat cahaya setitik dr kejauhan kan? Brarti untuk siang hari yg terang lampu senja cukup dong…lampu senja kan cukup terang juga….kalo malam hari y saya stuju nyalain lampu, buat liat ada lobang atau apa di jalan..

      • Curious permalink
        5 Agustus 2017 07:52

        Mohon maaf pak mau bertanya jg. Kalau pengemudi harus punya sim dan ada tes mata untuk mendapatkan sim kan ya pak?bagaimana standar normalnya lolos tes mata pd pembuatan SIM kaitannya dg melihat dan terlihat?
        Terima kasih.

        • Curious permalink
          5 Agustus 2017 10:45

          Saya sudah mendapatkan jawaban terbaik dr link ini:
          https://amp.kaskus.co.id/thread/522df8521cd719e560000009/ini-alasan-kenapa-menyalakan-lampu-kendaraan-siang-hari–fisika

          Sebenarnya peraturan itu dibuat sudah dg banyak pertimbangan. Masalah melihat dan dilihat ternyata bukan hanya dari tes sim which means kesehatan mata pengemudi tetapi lebih kpd awareness atau kesadaran pengemudi. Lampu merupakan salah satu cara yang mungkin terbaik untuk mengingatkan pengemudi yg lalai.

    • Sony permalink
      1 Juni 2015 19:08

      Kalau alasan lifetime lampu jadi pendek dan mika reflektor jadi kusam atau meleleh serta aki soak…. ga usah beli motor bro.. beli sepeda aja, no lamp, no reflektor, no aki.. bebas biaya perawatan… kalo dah bisa beli motor coba googling gimana bikin awet lampu, reflektor dan aki… jangan jadi “biker” manja…

  3. 1 Juni 2015 20:06

    asal low beam aja lah … high beam malah bikin celaka euy

  4. 2 Juni 2015 01:12

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  5. krisma permalink
    8 April 2016 19:22

    masak siang hari cuaca terik nyalain lampu.sebenernya saya juga kurang setuju dengan peratutran tersebut,faktanya belum ada orang yang mati pada siang hari karena lampu tidak dinyalakan.kecuali pada malam hari ya jelas bahaya.masak di siang hari motor nggak kelihatan cuma gara-gara masalah lampu.

    • agus permalink
      11 November 2016 16:17

      Peraturan yang ANEH.. siang hari TERIK nyalahin lampu buat apa? buat nambah2in Daftar Tilangan ya biar kesalahan pengendara makin banyak dicari nya

  6. 29 Desember 2016 12:05

    Baru ini seumur2 dapat surat tilang polisi karena bohlam mati. Tapi..baca ini jadi tahu jumlah besarnnya. Trims infonya

  7. yoona permalink
    3 April 2017 11:58

    Kalo menyalakan lampu siang hari bikin global warming aja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: