Skip to content

Mereka Memperebutkan Jawa

29 Mei 2015

angkut motor pickup

JAWA menjadi ladang subur ekonomi dan bisnis. Maklum, inilah pulau terpadat di Indonesia dengan kemampuan daya beli yang cukup bergairah. Jawa memiliki penduduk tak kurang dari 137 juta jiwa.

Tak heran jika para produsen barang dan jasa melihat Jawa bak gadis yang molek. Mereka pun berlomba-lomba memikat sang gadis dengan segala jurus pemikat. Tak ketinggalan juga para pemain bisnis sepeda motor. Jadilah Jawa sebagai ladang penjualan sepeda motor terbesar.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia memperlihatkan bahwa sepanjang lima tahun terakhir penjualan sepeda motor masih bertumpu di Jawa. Lima produsen sepeda motor anggota Aisi berlomba-lomba menggerojok pasar di pulau pusat pemerintahan Indonesia ini. Tak heran jika pabrik sepeda motor pun dibangun di Jawa. Selain mendekatkan dengan pasar, di pulau ini pula tersedia segala faktor pendukung untuk memproduksi si roda dua.

Sepanjang lima tahun terakhir, jumlah kue sepeda motor di Jawa terus menggelembung. Coba saja bandingkan. Pada 2011, untuk periode Januari-April, Jawa baru menyumbang 53,28% dari total volume penjualan motor anggota Aisi. Namun, untuk periode sama tahun 2015, kontribusinya sudah melejit menjadi 64,88%.

Artinya, sepanjang empat bulan pertama 2015 perputaran uang dari bisnis sepeda motor di Jawa sedikitnya mencapai Rp 21 triliun. Gurih kan?

Lantas siapa saja yang berebut kue bisnis sepeda motor di Jawa?

Untuk periode Januari-April 2015, pemain utama di Jawa adalah Honda. Si Sayap Tunggal ini menguasai sekitar 72% dari total pasar motor di Jawa. Torehan itu berasal dari penjualan sekitar 980-an ribu sepeda motor dalam rentang empat bulan pertama 2015.

Penguasaan pangsa pasar Honda itu melejit jika dibandingkan dengan 2011. Per akhir April 20111, pangsa pasar Honda di Jawa baru sekitar 54%.

Pemain kedua terbesar di Jawa adalah Yamaha. Pesaing utama Honda ini memiliki pangsa pasar sekitar 24% per akhir April 2015. Kebalikan dari Honda, raihan Yamaha per akhir April 2015 itu justeru lebih rendah dibandingkan 2011. Untuk periode yang sama 2011, Yamaha masih mengantongi pangsa pasar sekitar 40%.

Sementara itu, pemain lainnya, yakni Suzuki mengantongi 1,97% per akhir April 2015. Lalu, Kawasaki 2,25% dan TVS 0.05%. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: