Skip to content

Jakarta Tambah Taman Lalu Lintas

16 Mei 2015

taman lalin cibubur peta

JAKARTA punya segudang taman. Setiap taman mempunyai ciri khas masing-masing. Ada yang berciri khas berupa danau, tempat bermain anak-anak, area berlari yang mumpuni, hingga yang dilengkapi dengan fasilitas edukasi. Salah satunya adalah taman lalu lintas.

Taman Lalu Lintas Cibubur merupakan ikon yang cukup kondang. Terletak di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur taman itu menyodorkan fasilitas yang cukup lengkap. Taman yang diresmikan oleh Ny Ani Bambang Yudhoyono, isteri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 April 2007 itu tak hanya memberikan wahana bermain bagi para pengunjung. Wahana bermain anak-anak cukup banyak. Mulai dari permainan ala gokart, sepeda, hingga kereta api mini.

Kini, mulai 13 Mei 2015 Jakarta menambah satu lagi taman lalu lintas, yakni Taman Lalu Lintas Gorontalo, Jakarta Utara. Taman seluas 4.500 meter persegi (m2) ini dibangun Astra Group mulai 10 September 2014 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,1 miliar.

Manajemen Astra Group dalam publikasinya di Jakarta baru-baru ini mengatakan, Taman Lalu Lintas Gorontalo menjadi taman lalu lintas pertama yang ada di wilayah Jakarta Utara. Sebelumnya, Astra juga terlibat dalam pengembangan taman lalu lintas di wilayah Jakarta Timur dan Bandung.

Taman tersebut menjadi area terpadu untuk edukasi anak dan pusat kegiatan masyarakat dengan mengusung konsep ruang publik terpadu yang mempunyai fasilitas area belajar lalu lintas untuk anak. Selain itu, terdapat fasilitas refleksi kaki dan toilet umum.

Selain di Jakarta, beberapa kota besar lainnya di Indonesia juga memiliki taman lalu lintas. Paling anyar adalah Taman Lalu Lintas Ceria Portable, Medan, Sumatera Utara yang diresmikan pada Jumat, 13 Maret 2015. Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo dalam sambutannya mengatakan, taman ini tak semata membudayakan tertib lalu lintas, tapi juga mengajarkan berbagai macam aspek seperti, kedisiplinan, pembentukan karakter, dan cinta tanah air.

Masih di Sumatera, taman lalu lintas yang tergolong baru adalah Taman Lalu Lintas Tunggal Panaluan ’94, Dharmasraya, Sumatera Barat. Taman seluas 850 m2 itu diresmikan Kapolda Sumbar Brigjen Polisi Drs. Bambang Sri Herwanto pada 25 November 2014. Taman lalu lintas terluas di Sumatera Barat itu dilengkapi dengan sarana permainan mobil listrik dan sepeda bertenaga listrik, selain itu terdapat lampu pengatur lalu lintas jalan serta miniatur situasi lalu lintas jalan.

Selain di Medan, taman lalu lintas yang tergolong anyar adalah Taman Lalu Lintas Denpasar, Bali. Taman yang berada di Jl Lumintang, Denpasar itu diresmikan pada 24 Februari 2015. Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar I Gde Astika saat peresmian mengatakan, taman tersebut menjadi miniatur sarana dan prasarana aspek keselamatan berlalu lintas, termasuk sarana edukasi bagi anak-anak pendidikan anak usia dini. Bahkan, juga untuk siswa sekolah menengah atas hingga masyarakat umum.

Oh ya, di Pulau Jawa, selain di Jakarta taman serupa juga ada di Bandung (Jawa Barat), Surabaya (Jawa Timur), dan Yogyakarta. Di Bandung ada Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution yang luasnya mencapai sekitar 3,5 hektare (ha). Taman lalu lintas ini usianya tergolong tua. Pertamakali dibuka untuk umum pada 1 Maret 1958 dengan nama Taman Lalu Lintas. Lalu, diubah menjadi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani pada 1965.

Di Surabaya terdapat Taman Lalu Lintas Bungkul. Taman yang berada di Jl Raya Darmo di depan Taman Bungkul ini menjadi sarana edukasi dan pendidikan berlalulintas bagi anak-anak. Begitu juga dengan di Taman Lalu Lintas Terminal Giwangan, Yogyakarta.

Taman di Yogyakarta bahkan diusulkan agar dilengkapi dengan miniatur jalan raya dan rel kereta api. Pihak pemda setempat berharap usulan tersebut dapat direalisasikan pada 2016. Tujuannya agar lebih lengkap lagi dalam memberi fasilitas edukasi berlalu lintas jalan yang aman dan selamat kepada anak-anak.

Penanaman karakter berlalu lintas jalan yang aman dan selamat sejak dini amat penting. Diharapkan ketika dewasa mereka menjadi pengguna jalan yang lebih humanis. Sudi bertoleransi dan mentaati aturan yang ada sehingga bisa menekan fatalitas kecelakaan. Setuju? (edo rusyanto)

Beberapa Taman Lalu Lintas di Indonesia:

1. Taman Lalu Lintas Cibubur, Jakarta Timur
2. Taman Lalu Lintas Gorontalo, Jakarta Utara
3. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution, Bandung
4. Taman Lalu Lintas Terminal Giwangan, Yogyakarta
5. Taman Lalu Lintas Bungkul, Surabaya
6. Taman Lalu Lintas Ceria Portable, Medan
7. Taman Lalu Lintas Tunggal Panaluan ’94, Dharmasraya, Sumatera Barat
8. Taman Lalu Lintas Denpasar, Bali
9. Taman Lalu Lintas Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: