Skip to content

11 Kecelakaan Maut 2015

12 Mei 2015

bus laka semarang 2015_viva

SEPANJANG Januari-Mei 2015 sedikitnya terjadi 11 kecelakaan maut di Indonesia. Kecelakaan lalu lintas jalan itu merenggut 67 jiwa dan mencederai lebih dari 200 orang. Inilah sisi kelam lalu lintas jalan di Tanah Air.

Mayoritas pengemudi yang menjadi pelaku kecelakaan tersebut berujung menjadi tersangka. Mereka diseret ke pengadilan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Bahkan, salah seorang pengemudi dikenai hukum adat. Untuk hukum positif, para pengemudi itu dijerat dengan Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Memasuki tahun 2015, Indonesia dikejutkan oleh kecelakaan maut di Banyuwangi, Jawa Timur. Kejadian pada 4 Januari 2015 dinihari itu merenggut lima korban jiwa dan 12 korban luka-luka. Kecelakaan antara bus dengan minibus itu juga merenggut nyawa sang pengemudi.

Selang sepekan, kita lagi-lagi dibuat terhenyak oleh kabar terjunnya sebuah truk ke dalam jurang di Papua. Truk yang ditumpangi warga untuk pergi rekreasi itu diduga mengalami rem blong sehingga masuk ke jurang sedalam lima meter. Sebanyak sembilan orang tewas dan 30-an lainnya luka-luka.
Dalam kasus kecelakaan tersebut sang pengemudi tak hanya dibidik dengan hukum berdasarkan UU No 22/2009 tentang LLAJ, tapi juga mesti menanggung sanksi berupa hukum adat.

Kasus kecelakaan maut paling banyak menelan korban jiwa sepanjang Januari – Mei 2015 terjadi pada 20 Februari 2015, yakni kecelakaan tunggal bus terguling. Bus tidak terkendali di jalan berkelok sehingga keluar jalur dan menghantam pembatas jalan sehingga terguling. Sebanyak 16 orang meregang nyawa dan 50-an orang menderita luka-luka. Sang pengemudi ditetapkan sebagai tersangka atas kecelakaan yang membawa rombongan peziarah tersebut.

Sementara itu, salah satu kecelakaan maut yang menyita perhatian adalah kasus bus menabrak truk di Aceh. Kecelakaan pada Minggu, 5 April 2015 ini menewaskan 6 orang dan melukai 20-an lainnya. Saat kejadian, sopir tak bisa melihat jalan karena ditutupi kabut asap dari pembakaran jerami. Bus masuk ke sebelah kanan jalan dan akhirnya tabrakan dengan truk. Lagi-lagi, sang pengemudi juga ditetapkan sebagai tersangka.

Berikut ini 11 kecelakaan maut sepanjang Januari-Mei 2015;

1. Minggu, 4 Januari 2015;
Bus nabrak minibus di Jalan Raya Situbondo, Dusun Krajan, Desa Bengkak, Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur. Kecelakaan menyebabkan 5 orang tewas dan 12 luka-luka. Sopir ditetapkan sebagai tersangka.

2.Jumat, 9 Januari 2015;
Bus nabrak bus di Jalan Raya Pantura Desa Tulungagung, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Kecelakaan merenggut lima korban jiwa dan 18 korban luka-luka.

3. Minggu, 11 Januari 2015;
Truk masuk jurang di kawasan Jembatan Kampwolker, Perumnas III, Waena, Jayapura, Papua. Kecelakaan yang diduga akibat rem blong ini menyebabkan sembilan orang tewas dan 33 terluka. Sang pengemudi ditetapkan sebagai tersangka.

4.Selasa 20 Januari 2015;
Mobil menabrak motor dan mobil di Jalan Sultan Iskandar Muda, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Akibat kecelakaan ini empat orang meninggal dunia dan tiga orang menderita luka-luka. Sang sopir dijadikan tersangka dan pada Mei 2015 ini dalam proses pengadilan. Sang pengemudi ditetapkan menjadi tahanan kota karena dijamin oleh orang tua dan pengacaranya tidak akan melarikan diri.

5. Senin, 26 Januari 2015;
Bus nabrak minibus di Jalinsum Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Minibus hendak mendahului truk dan bertabrakan dengan bus dari arah berlawanan. Minibus melaju kencang dan terbakar. Akibat kecelakaan tersebut empat tewas dan 17 luka-luka.

6. Rabu, 28 Januari 2015;
Bus nabrak truk. Kecelakaan terjadi saat bus mendahului kendaraan dan tabrakan dengan truk dari arah depan. Bus melaju kencang di Pantura Lasem, Jawa Tengah. Kecelakaan merenggut tiga korban jiwa dan sang sopir ditetapkan menjadi tersangka.

7. Jumat, 20 Februari 2015;

Bus terguling tol Gayamsari-Manyaran, Jawa Tengah. Saat jalan berkelok sang pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraan sehingga ke luar jalur. Lalu, bus menghantam pembatas jalan hingga berpindah lajur ke arah sebaliknya lalu terguling. Bus melaju kencang. Inilah kecelakaan terburuk sepanjang Januari-Mei 2015, yakni merenggut 16 korban jiwa dan melukai 50-an orang lainnya. Sang sopir pun ditetapkan sebagai tersangka.

8. Senin, 2 Maret 2015;
Truk masuk ke parit di areal perkebunan. Saat kejadian, truk melaju kencang sehingga sopir truk hilang kendali saat melintasi areal perkebunan sawit, lalu masuk ke dalam parit sedalam tiga meter. Miris, enam dari 22 siswa sekolah dasar yang diangkut truk itu meninggal dunia, selebihnya luka-luka. Sang sopir ditetapkan sebagai tersangka.

9. Jumat, 27 Maret 2015;
Truk nabrak mobil. Saat kejadian, truk yang sedang melaju tiba-tiba mengalami rem blong sehingga oleng tak terkendali dan menabrak mobil lainnya. Kejadian di kawasan Halong, Kecamatan Baguala, Ambon ini merenggut enam korban jiwa dan 20 lainnya luka-luka. Sang sopir ditetapkan sebagai tersangka.

10. Minggu, 5 April 2015;
Bus nabrak truk di jalan Banda Aceh-Medan kawasan Alue Chueng, Kecamatan Plimbang, Bireuen. Kecelakaan merenggut enam korban jiwa dan 29 korban luka-luka. Sang pengemudi pun ditetapkan menjadi tersangka.

11. Minggu, 19 April 2015;
Minibus bertabrakan dengan sepeda motor di jalan poros Balikpapan-Samarinda Km 24, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Tiga orang tewas dan tiga lainnya menderita luka akibat kecelakaan tersebut. Sang sopir pun dijerat dengan UU 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

foto:istimewa

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: