Skip to content

Kesadaran Berkendara Belum Sejalan dengan Pertumbuhan Motor

9 Mei 2015

astra motor safety centre

PELAKU bisnis sepeda motor mengakui bahwa masih ada ketimpangan antara kesadaran berkendara dengan pertumbuhan sepeda motor. Faktanya, keterlibatan sepeda motor masih tinggi dalam kecelakaan lalu lintas jalan. Di Indonesia, sekitar 71% kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor.

“Pengguna sepeda motor makin banyak, namun, kesadaran akan pentingnya berkendara dengan aman belum sejalan dengan pertumbuhan sepeda motor saat ini,” kata Chief Executive Astra Motor, Sigit Kumala, dalam publikasinya yang saya terima di Jakarta, Jumat, 8 Mei 2015.

Banyaknya sepeda motor saat ini, kata dia, tidak terlepas dari tingginya permintaan alat transportasi yang terjangkau. Sepeda motor dianggap mangkus dan sangkil serta terjangkau kocek kebanyakan masyarakat di Tanah Air. Kondisi itu terutama ditopang oleh dukungan lembaga multifinance yang mempermudah pembelian secara kredit. Uang muka pembelian sepeda motor dianggap masih relevan dengan kemampuan mayoritas masyarakat.

Terkait upaya meningkatkan kesadaran para pengguna kendaraan, khususnya sepeda motor, kata Sigit, pihaknya terus melakukan berbagai kegiatan edukasi untuk menularkan budaya aman berkendara. Dia mengatakan, pelatihan dan seminar keselamatan jalan digelar di perusahaan, pemerintahan, komunitas, hingga sekolah. Selain itu, katanya, awal tahun ini, Astra Motor juga membangun Kampung Safety Riding pertama di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah.

“Tidak berhenti di situ, kami menyadari perlu sebuah tempat yang menjadi pusat pelatihan berkendara untuk segala usia. Karena itu, sejak Mei tahun lalu kami membangun Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta ini, dan akhirnya pada hari ini akan resmi dibuka,” paparnya.

Menurut Ronaldo Widjaya, Region Head Astra Motor Yogyakarta, Astra Motor Safety Riding Center (AMSRC) Yogyakarta dibangun di atas tanah seluas 1.792 meter persegi. Selain sebagai tempat pelatihan berkendara, di AMSRC juga tersedia berbagai fasilitas lain untuk konsumen sepeda motor. “Nantinya, masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM di sini,” kata dia.

Dia mengaku, pihaknya juga menyediakan tempat untuk aktivitas komunitas sepeda motor Honda. Mulai dari pelatihan berkendara di lapangan, di dalam kelas, tempat diskusi, gathering, hingga nonton bareng MotoGP. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: