Skip to content

Ada Gojek di Mana-mana

1 Mei 2015

gojek di fs senayan

TRANSPORTASI Kota Jakarta masih semrawut. Maksudnya, mobilitas warga Jakarta maupun para penglaju dari pinggiran Jakarta masih belum mampu seluruhnya diakomodasi oleh moda transportasi umum yang saat ini ada. Larinya bisa ditebak, mereka memilih kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil.

Kesemrawutan lalu lintas jalan mudah terlihat pada jam-jam sibuk kota yang berusia lebih dari 480 tahun ini. Bagaimana tidak, Jakarta dipadati oleh tak kurang dari 26 juta pergerakan setiap harinya. Jumlah kendaraan bermotornya juga gak tanggung-tanggung, sedikitnya ada 16 juta kendaraan yang tercatat di Polda Metro Jaya. Bisa dibayangkan jika separuhnya saja yang bergerak setiap hari. Atau, seperempatnya saja lah yang bergerak, bisa terbayang bagaimana padatnya jalan-jalan Ibu Kota Republik Indonesia itu.

Di tengah kesemrawutan dan denyut kota tersibuk di Indonesia ini kehadiran para pengojek sepeda motor menjadi alternatif. Keunggulan sepeda motor yang mampu bergerak dari satu titik ke titik lain membuat angkutan ini dilirik oleh banyak kalangan. Mereka datang mulai dari eksekutif perusahaan ternama, kalangan birokrat hingga pegawai rendahan. Mereka memakai jasa tukang ojek sepeda motor untuk memangkas waktu tempuh perjalanan agar lebih ringkas dibandingkan dengan angkutan umum seperti taksi sekalipun.

Sejak 2011 warga Jakarta dikenalkan dengan ojek sepeda motor berlabel Go-jek. Tahun tersebut saya pernah menulis bahwa kehadiran Go-jek ditopang oleh 200 mitra tukang ojek sepeda motor di kawasan Jakarta Selatan dan Jakarta Barat. Kini, pada 2015, Go-jek mengaku telah melibatkan ribuan tukang ojek di seantero Jakarta.

Pada 2015 ini layanan Go-jek jauh lebih lengkap. Tak semata jasa transportasi pengantar orang, Go-jek kini juga dilengkapi dengan jasa ‘kurir instan’, ‘food delivery’, dan ‘shopping’. Untuk jasa kurir mereka mengklaim mampu mengantar barang dengan waktu di bawah 60 menit. Soal ‘food delivery’, para pengguna jasa Go-jek tinggal duduk manis di rumah bakal dibelikan dan diantar barang yang dipesan.

gojek di jalanan1

Nah, untuk ‘shopping’ layanan ini bahkan berani memberi talangan sampai dengan Rp 1 juta. Maksudnya, kalau kita mau belanja barang yang harganya sampai Rp 1 juta masih bisa ditalangi dulu oleh pengelola Go-jek. Pemakai jasa membayar dana talangan ketika barang sudah diterima.

Oh ya, untuk tarif ojek sepeda motor, pengelola Go-jek mengaku mengikuti tarif ojek yang berlaku di pasaran saat ini. Bedanya, ini dia bedanya, Go-jek dilengkapi dengan fasilitas layanan pemesanan berbasis teknologi informasi. Para konsumen bisa mengunduh fitur Go-jek di ponsel cerdasnya lalu memanfaatkan fitur yang ada untuk menggunakan jasa Go-jek. Nggak kebayangkan pada 10 tahun lalu bahwa para tukang ojek memakai ponsel untuk melayani konsumennya?
Malahan saat ini Go-jek punya ‘shelter’ di pusat bisnis Jakarta, persisnya di FX Sudirman. Ada sebuah ‘booth’ khusus yang siap melayani konsumen. Bahkan, saat saya singgah ke pusat bisnis tersebut terlihat beberapa armada Go-jek siap siaga di lobby. Parkirnya di lobby, nggak di area parkir sepeda motor yang terletak di lantai dasar gedung pusat perbelanjaan elit di Jakarta Selatan tersebut.

Ngomong-ngomong, ada baiknya para pengojek sepeda motor berseragam hijau cerah ini dilengkapi dengan pemahaman berkendara yang aman dan selamat. Kini, barisan Go-jek memang dilengkapi dengan dua helm, maksudnya sang pengojek pakai helm dan penumpang disediakan satu helm. Bahkan, Go-jek juga menyediakan fasilitas penutup rambut khusus. Namun, kesadaran berkendara yang aman dan selamat itu ada baiknya dilengkapi lagi dengan kesadaran mentaati aturan yang ada. Aturan lalu lintas jalan yang berlaku saat ini mesti menjadi patokan dalam memberi layanan jasa. Misal, tidak melanggar marka jalan. Harapannya, semua pengguna jasa menjadi lebih aman dan selamat, tentu juga sang pengojeknya. Setuju? (edo rusyanto)

Iklan
5 Komentar leave one →
  1. 12 Juni 2015 18:06

    Share Voucher Gratis GOJEK Rp50rb. Caranya:
    1. Download aplikasi “GOJEK” di appstore/playst ore/windows app/bbapps world
    2. Buka aplikasi dan lakukan pendaftara
    3. Klik Icon dompet di kanan atas dan masukkan kode “542673168”
    4. Selesai! anda akan dapat Rp50rb gratis yang dapat digunakan.

  2. 1 Agustus 2015 21:26

    Klo dr sudut pandang eyang edo tentang gojek gmn?

    • 1 Agustus 2015 21:45

      menjadi alternatif, walau regulasi yg ada semestinya mengakomodasi.

Trackbacks

  1. Disini Gojek Juga Tidak Boleh Beroperasi | Edo Rusyanto's Traffic
  2. Di Sini Gojek Juga Tak Boleh Beroperasi | SBSI NEWS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: