Lanjut ke konten

Gara-gara Lampu Belakang Mati, Bikin Orang Meninggal

31 Maret 2015

lampu belakang

PERNAH melihat sepeda motor yang lampu belakangnya tidak berfungsi? Pernah dibikin kaget oleh motor yang seperti itu?

Barangkali ada yang berpikir bahwa urusan lampu belakang sepeda motor adalah hal sepele. Mereka yang berpikir seperti itu mungkin menganggap enteng denda maksimal Rp 250 ribu atau penjara maksimal satu bulan. Tapi, pernahkah kita berpikir bahwa gara-gara lampu belakang yang tidak berfungsi membuat orang menderita? Bahkan, sampai meninggal dunia.

Derita yang dipikul Badran, kita sebut saja begitu, bisa jadi tak pernah terpikirkan sebelumnya. Pria berusia 50 tahunan itu sudah bertahun-tahun menjadi pengemudi angkutan umum. Pengalaman demi pengalaman dia lalui saat melintasi kota-kota yang menjadi rute bus tempatnya bekerja. Hingga akhirnya pada suatu malam yang dingin cerita menjadi amat berbeda.

Malam itu hujan turun membasahi permukaan aspal. Lampu penerangan jalan yang semestinya membantu para pengendara, tidak tersedia. Badran melaju dengan kecepatan sekitar 70 kilometer per jam (kpj). Di depannya terdapat satu mobil MPV, diapun mendahului. Namun, terdengar teriakan,”Awas!”.

Ternyata ada sepeda motor lampu belakangnya tidak berfungsi sehingga tak terlihat. Teriakan dari sang kenek bus membuat Badran membanting stir ke kanan. Ironisnya, dari arah berlawanan ada sepeda motor yang ditumpangi dua orang. Brakkkk!!!!

Kepanikan seketika membalut malam yang masih diguyur hujan. Darah berceceran. Dua orang yang di sepeda motor meninggal dunia. Sedangkan motor yang tidak menyalakan lampu tadi teronggok di pinggir jalan, pengendaranya melarikan diri.

Badran pun menjadi pesakitan. Berbulan-bulan dia menjalani persidangan hingga akhirnya divonis tujuh bulan penjara. Dia tidak ditemani pengacara untuk membela diri.

Di bagian lain, sang isteri harus mengganti rugi sepeda motor yang rusak sekaligus memberi santunan kepada keluarga korban.

Lampu Belakang

Derita yang dipikul Badran barangkali tak perlu terjadi bila pengendara sepeda motor yang tidak memakai lampu belakang itu tidak wira-wiri di jalan. Atau, pengendara motor tersebut tergolong yang menganggap remeh masalah lampu belakang. Entah lah.

Pastinya, perundangan yang berlaku saat ini, yakni UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) beserta turunannya, mengatur soal itu. Setiap kendaraan yang berseliweran di jalan wajib memakai lampu belakang. Lampu itu tentu saja mutlak dalam keadaan berfungsi.

Lazimnya peraturan, ketentuan itu juga memiliki sanksi. Pelanggar aturan bisa dikenai denda maksimal Rp 250 ribu atau penjara maksimal satu bulan.

Keberadaan lampu belakang dapat membantu pengendara yang ada di belakangnya untuk lebih waspada. Keberadaan sang lampu juga bisa membantu untuk terhindarnya insiden tabrak belakang terutama pada malam hari. Atau, dalam kasus Badaran, gara-gara lampu tidak berfungsi membuat dua nyawa melayang dan seorang bapak meringkuk di penjara. (edo rusyanto)

14 Komentar leave one →
  1. An_Syahri permalink
    31 Maret 2015 12:32

    Ga cuman motor mas… mobil jg banyak yg kayak gitu… imbasnya kita yg dibelakang, apalagi klo ngerem mendadak… rata-rata orang Indonesia taunya bisa nyemplak kendaraan tapi ga tau aturan berlalu lintas serta akibatnya jika mengabaikan…

    • 31 Maret 2015 12:38

      setuju mas.

    • 31 Maret 2015 13:35

      bener mas…
      dari pabrik udah dirancang biar aman, tapi begitu sampai ke tangan konsumen brainless, malah diotak-atik yg akhirnya bikin celaka…

      • An_Syahri permalink
        3 April 2015 19:00

        yups.. begitulah.. saking kreatifnya mas..

  2. 31 Maret 2015 12:58

    Hal diatas memasng sering terjadi.. kalau kejadian diatas gara gara lampu belakang orang lain yang menjadi korban. Nah ada juga yang si empunya lampu belakang yang jadi korban atau si yang di belakang lampu belakang yang mati yang jadi korban dalam kejadian diatas si badran…. Saya sering tuh melihat motor, mobil yang tidak punya lampu belakang.. malahan ada juga yang lampu depan.. Nah kalau mobil tanpa lampu belakang pernah kejadian tuh.. teman saya sendiri… lampu belakang pick up mobil tersebut sudah tidak ada.. malam hari tidak nampak oleh teman saya.. Alhasil teman saya tersebut menabrak mobil itu… lukanya memang tidak terlalu parah.. namun mungkin di luar sana kejadian yang sama malah memakan korban.. Kesadaran individu akan kelengkapan berkendara dan kendaraan kita sangat lah penting jangan sampai memakan korban, baik diri sendiri maupunn orang lain…

    http://www.rantaupos.com/2015/03/uang-100-ribu-rupiah-berdarah-darah.html

    • 31 Maret 2015 13:09

      membangun kesadaran memang membutuhkan waktu, trims udah berbagi disini yah. salam.

  3. 31 Maret 2015 13:21

    Saya pernah nabrak mobil karna lampu belakang dan remnya mati… Saya kira tu mobil jalan.. Eh gak taunya ngerem.. Pas ngrem ndak pas.. Ya sudah nubruk.. Segitiga motor langsung bengkok.. Tu mobil malah kabur…

  4. Dian Mas Putra permalink
    31 Maret 2015 14:42

    kalo ada motor ga ada lampu belakang atau malah copot mika langsung tabrak aja…
    kalo ada mobil ga ada lampu rem, sambit kaca belakangnya pake batu, kalo yang punya ga terima gampar pake linggis sampe mrongos…

  5. Dian Mas Putra permalink
    31 Maret 2015 14:43

    dan kalo ada mobil ga ada lampu depan, langsung lempar kaca depannya pake batu bata…
    itu sama aja niat nyelakain orang…
    kalo dia niat nyelakain orang, kenapa kita ga sekalian nyelakain dia…

  6. 31 Maret 2015 14:55

    yang paling ngagetin itu kalo mobil .. siang malam kayaknya berlaku .. mau jalan lampu ga ada satu pun yang hidup . lhoh kok jalan iki .. bikin kaget

  7. agus kuncring permalink
    2 April 2018 14:15

    HARUSNYA MOTOR YG LARI ITU BISA DILIDIK SAMA POLISI (KAYAK LIDIK/LACAK BANDAR NARKOBA)
    INI LAH MANUASIA2 TANPA OTAK YG MEMBIARKAN LAMPU REM BLAKANYA MATI!!!!
    MEREKA NDAK TAU KALOK OTAK MANUSIA AKAN REFLEK MENGENALI MANA REM BAHKAN DISINI, BANYAK MOTOR YG LAMPU DEPAN & BELAKANYA MATI DAN/ATAU LUPA NDAK DINYALAIN..!!!! BELAKANGAN MALAHAN BANYAK MOBIL2 GEBLEK YG NDAK NGIDUPIN LAMPU GARA2 INDIKATOR SPEDOMETERNYA SDH BERLAMPU, SEHINGGA DIKIRA SDH NGIDUPIN LAMPU, HARUSNYA MOBIL & MOTOR DIDESAIN KAYAK DULU SPEDOMETERNYA KALOK LAMPU UTAMA MATI YA IKUT MATI JUGAK, DAN KALOK NGERETING HARUS BUNYI SEHINGGA AMAN, HERAN SM DESAINER KEND ZAMAN NOW ADA MOTORSPORT LAMPU GANDA TPI YG IDUP CM 1 LAMPU, BENER2 ZAMAN EDHAN ANCUR LEBUR………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: