Skip to content

Mengintip Fasilitas Sepeda di ITS Surabaya

13 Maret 2015

its sby sepeda dinas

TREN bersepeda kayuh di seputar kampus terus bergulir di Indonesia. Kampus jadi ikut menggulirkan kampanye ramah lingkungan. Apalagi, jika luas kampus tersebut mencapai puluhan hektar atau bahkan hingga seratusan hektare. Rasanya bisa lebih nyaman keliling kampus sambil gowes.

Salah satu kampus yang memiliki fasilitas sepeda adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur. Kampus yang memiliki luas sekitar 180 hektare itu cukup hijau karena disana sini terdapat pepohonan yang rindang. Salah satu shelter sepeda yang disediakan kampus tampak di salah satu sudut gedung rektorat.

“Sepeda kampus yang kami miliki ada sekitar lima ratusan unit di antaranya sumbangan dari para alumni ITS,” papar Yudha Prasetyawan, dosen sekaigus Sekretaris Pusat Inkubator Industri (BKIBV) ITS saat berbincang dengan saya, di kampus ITS Surabaya belum lama ini.

Dia menjelaskan, kehadiran sepeda kayuh tersebut cukup membantu bagi civitas akademika yang ingin wira-wiri di seputar kampus. Walau, tambahnya, masih banyak juga mahasiswa yang memakai kendaraan pribadi seperti sepeda motor. “Biasanya yang banyak memakai sepeda kayuh adalah mahasiswa asing yang menuntut ilmu di ITS,” tambah pria lulusan pendidikan S-2 Swinburne University of Technology, Melbourne, Australia dalam bidang Advanced Manufacturing Technology ini.

Saat saya lihat di shelter rektorat tampak jejeran sepeda kayuh di parkir dengan rapih. Barangkali karena saat itu hari Sabtu, dimana jadwal perkuliahan sedang libur, tak terlihat yang mengayuh sepeda. Di tempat parkir itu tertulis ‘Parkir Sepeda Umum’ dan ‘Parkir Sepeda Dinas.’

Oh ya, laman resmi kampus ITS Surabaya menyebutkan, pengguna Sepeda Kampus adalah mahasiswa, dosen, dan staf ITS yang dapat dibuktikan dengan kartu tanda anggota. Cara meminjamnya, sang peminjak tinggal menunjukkan kartu anggota kepada petugas penampungan. Setelah itu, Sepeda Kampus hanya digunakan di jalur sepeda yang telah disediakan oleh ITS. Setiap satu sepeda hanya untuk satu orang.

Selama sepeda digunakan dan belum dikembalikan ke tempat penampungan, peminjam bertanggung jawab untuk sepeda, dan aktivitas bersepeda setiap yang melibatkan elemen risiko tertentu. “Sepeda Kampus hanya dapat digunakan di daerah ITS,” tulis laman itu.

Dalam aturan main yang digariskan juga disebutkan bahwa sepeda harus diparkir dan kembali di titik penampungan. Sedangkan jam layanan dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Ngomong-ngomong begini loh cara mengurus Kartu Sepeda Kampus.

Pertama, sang peminjam harus mengisi formulir aplikasi. Lalu, menyerahkan fotokopi KTP dan kartu mahasiswa yang masih berlaku. Selain itu, menyerahkan foto-foto size3x4 (2 lembar) dan menandatangani pernyataan kemampuan sewa.

Nah kalau mau mendaftar silakan datang ke kantor Badan Koordinasi Pengendalian dan Komunikasi Program (BKPKP) ITS.

“Program ‘Kampus bersepeda’ untuk mendukung budaya bersepeda di lingkungan kampus dan mengurangi polusi kendaraan bermotor,” kata Rektor ITS Tri Yogi Yuwono saat meluncurkan program, Senin, 17 Maret 2014.

Mau mencoba? (edo rusyanto)

4 Komentar leave one →
  1. 13 Maret 2015 05:42

    Ada bengkelnya g disitu ya pak?

    • 13 Maret 2015 11:24

      nah, saya nggak ngeliat ada bengkelnya. mungkin ada, tapi saya nggak tahu 🙂

  2. 13 Maret 2015 08:26

    mantep nih…
    coba di kantorku ada fasilitas gitu..
    jadi sepedaku gak perlu digeser sana sini..

  3. 13 Maret 2015 15:58

    Reblogged this on Suetoclub's Blog and commented:
    eco campus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: