Skip to content

Santunan Rp 1,2 Triliun Buat Korban Kecelakaan

16 Januari 2015

jasa raharja mobil_1

SEPANJANG tahun 2014 Indonesia masih dirundung duka. Anak negeri masih terus bergelimpangan di jalan raya. Tahun lalu, korban kecelakaan lalu lintas jalan sebanyak 73 jiwa per hari. Artinya, jika dikalikan 365, total korban meninggal dunia mencapai sebanyak 26.645 jiwa.

Kapolri Jenderal Sutarman pada awal Januari 2015 sempat menyebutkan bahwa angka korban tewas akibat kecelakaan tahun 2014 naik dibandingkan setahun sebelumnya. Saat saya buka data Korlantas Polri ternyata memang terjadi kenaikan sekitar 1,4%.

Nah, sekarang kita lihat data santunan yang dikeluarkan oleh PT Jasa Raharja sepanjang tahun 2014. Menurut perusahaan asuransi milik negara itu pada 2014 jumlah santunan untuk korban meninggal akibat kecelakaan sekitar Rp 791,15 miliar. Jumlah santunan tersebut memang mencakup untuk seluruh jenis angkutan, yakni jalan, kereta, laut, dan udara. Jasa Raharja tidak merinci berapa santunan yang untuk korban akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

Pastinya, setiap korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan mendapat santunan sebesar Rp 25 juta. Jumlah yang sama juga ditujukan untuk korban meninggal di angkutan darat dan laut. Jumlah berbeda diberikan untuk korban meninggal akibat kecelakaan angkutan udara, yakni sebesar Rp 50 juta.

Bila santunan korban meninggal tahun 2014 sebesar Rp 791,15 miliar, setahun sebelumnya sekitar Rp 828,43 miliar. Terjadi penurunan.

Seluruh korban kecelakaan di jalan punya hak untuk mendapatkan santunan. Soal cara mengurusnya, silakan tengok disini.

Oh ya, total jumlah santunan yang dikeluarkan Jasa Raharja pada 2014 adalah sebesar Rp 1,20 triliun. Jumlah itu mencakup untuk korban meninggal, korban luka-luka, korban cacat, dan biaya penguburan untuk korban yang tidak memiliki ahli waris. Soal siapa saja yang dimaksud dengan ahli waris, monggo intip disini.

Jumlah santunan tahun 2014 lebih kecil sekitar 3,47% dibandingkan tahun 2013 yang sekitar Rp 1,28 triliun. Tren penurunan santunan sudah terasa denyutnya sejak tiga tahun terakhir. Coba saja simak. Pada 2011, total santunan sekitar Rp 1,4 triliun. Setahun kemudian menurun menjadi sekitar Rp 1,38 trilin dan turun lagi pada 2013, yakni menjadi sekitar Rp 1,28 triliun.

Semoga penurunan santunan tersebut sekaligus mengisyaratkan penurunan jumlah korban kecelakaan di Tanah Air. Tapi, khusus untuk kecelakaan angkutan jalan, seperti dikutip dari pernyataan Kapolri, justeru terjadi peningkatan tipis pada 2014.

Banyak diantara kita berharap fatalitas korban kecelakaan di jalan terus menurun. Semoga. (edo rusyanto)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: