Skip to content

Nah, Kecelakaan di Jakarta Ternyata Turun

9 Januari 2015

mobil laka sma 28

KOTA Jakarta ternyata mencatat penurunan kasus kecelakaan lalu lintas jalan sepanjang lima tahun terakhir. Bongkar pasang hingga tujuh kali di pucuk pimpinan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang membawahi Jakarta ternyata berbuah cukup lumayan. Dalam rentang 2010-2014, Jakarta mencatat penurunan kasus kecelakaan rata-rata 3,64%.

Ditlantas Polda Metro Jaya menaungi wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi alias Jadetabek. Sebuah wilayah yang cukup luas sehingga tak heran jika populasi kendaraannya mencapai tak kurang dari 16 juta unit. Mayoritas dari kendaraan bermotor tersebut ditempati oleh sepeda motor yang mencapai sekitar 14 juta unit atau sekitar 87,5% dari total populasi.

Nah, kita kembali ke Jakarta. Kota yang berpenduduk tak kurang dari 9,5 juta jiwa ini setiap hari bergumul dengan masalah kecelakaan lalu lintas jalan. Coba saja kicauan di lini masa atau di media sosial. Belum lagi kalau kita menengok media mainstream seperti di koran, tabloid, majalah, radio, hingga televisi. Berita soal kecelakaan seperti berlomba-lomba dengan berita lainnya seperti masalah hukum, politik, hingga gosip artis.

Berita kecelakaan bahkan menjadi lebih bombastis manakala sang pelaku atau korban adalah dari kalangan para pesohor. Hampir tiap hari beritanya bergulir. Coba aja diingat-ingat seperti kasus anak artis yang bertabrakan di jalan tol Jagorawi. Atau, kasus artis yang menabrak pejalan kaki. Atau, kasus anak pejabat yang menabrak mobil di jalan tol. Pasti media massa ramai memberitakannya. Maklum, salah satu aturan main dalam membuat berita adalah berdasarkan nama besar. Ketika penggede jadi berita, biasanya menarik minat orang untuk membacanya.

Ok, sekarang kita telisik kasus kecelakaan di wilayah Polda Metro Jaya dalam rentang lima tahun terakhir. Tapi, sebelum kesana, kita coba tengok dulu data termutakhir alias yang paling gress. Tahun 2014, Jakarta berkontribusi sekitar 57,59% terhadap total kasus kecelakaan di wilayah Ditlantas Polda Metro Jaya. Saat itu, Jakarta mampu menurunkan kasus kecelakaan nyaris sebanyak 10% bila dibandingkan 2013.

Pada 2014, setiap hari terjadi 9,41 kasus kecelakaan lalu lintas jalan di Jakarta. Sedangkan di wilayah Polda Metro Jaya sekitar 16,35 kasus per hari.

Oh ya, untuk seluruh wilayah Polda Metro Jaya, kasus kecelakaan turun 8,18% pada 2014 jika dibandingkan dengan setahun sebelumnya. Artinya, penurunan kasus kecelakaan di Jakarta lebih besar dibandingkan dengan keseluruhan Polda Metro Jaya. Hebat kan? Hayo kenapa bisa begitu?

jakarta 2013 dan 2014

Di sisi lain, jumlah korban tewas akibat kecelakaan sepanjang 2014 untuk di wilayah Jakarta ternyata menurun 11,31%. Bila pada 2013 setiap hari tercatat 1,19 jiwa tewas akibat kecelakaan, pada 2014 rata-rata menjadi 1,05 jiwa per hari. Artinya?

Ya. Ketika kasus kecelakaannya bisa ditekan, fatalitasnya juga ternyata ikut melorot. Boleh jadi banyak aspek yang membuat hal itu terjadi. Misal, kualitas kecelakaan menurun karena para pengguna jalannya sudah semakin sadar menerapkan berkendara yang aman dan selamat. Semoga.

Ok, sekarang kita lihat lima tahun terakhir, yakni rentang 2010-2014. Lima tahun terakhir di wilayah Polda Metro Jaya terjadi penurunan kasus kecelakaan rata-rata sebesar 3,64%. Sedangkan tingkat fatalitas atau jumlah korban yang tewas rata-rata turun sebesar 9,44%.

Kemampuan jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya menekan kasus kecelakaan dan fatalitasnya boleh jadi kian membaik. Atau, warga atau pengguna jalannya sudah semakin sadar soal berkendara yang aman dan selamat. Kalau begitu, boleh dong mengatakan bahwa tanpa adanya pembatasan sepeda motor, kasus kecelakaan lalu lintas jalan ternyata bisa terus ditekan. (edo rusyanto)

2 Komentar leave one →
  1. Aa Ikhwan permalink
    9 Januari 2015 11:04

    waow

  2. 9 Januari 2015 11:15

    tetap aja mengerikan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: