Skip to content

Enam Kecelakaan Maut di Indonesia Sepanjang 2014

29 Desember 2014

bus harapan jaya vivanews

ADA enam kecelakaan paling maut di Indonesia sepanjang tahun 2014. Jerit tangis dan nestapa membahana. Negeri yang dihuni 120 jutaan kendaraan ini masih harus mencatat peristiwa kelam bernama kecelakaan lalu lintas jalan.

Kecelakaan demi kecelakaan terjadi dengan beragam pemicu. Enam kecelakaan paling maut yang saya catat memperlihatkan bahwa faktor manusia masih menempati ranking pertama sebagai pemicu kecelakaan. Walau, ada juga faktor jalan yang ikut andil seperti kejadian yang menimpa satu keluarga di Jakarta pada awal Desember 2014.

Catatan ini ditujukan agar kita semua menjadi lebih respek soal keselamatan berlalu lintas jalan. Kecelakaan bisa terjadi kapan dan dimana saja. Manusia bisa mengurangi fatalitas yang ditimbulkan oleh kecelakaan, tentu saja lewat beragam ikhtiar. Salah satunya, terus waspada dan konsentrasi saat berkendara.

Berikut ini kecelakaan paling maut yang terjadi sepanjang 2014.

1. Bus masuk jurang dan terbakar

Inilah kecelakaan bus paling maut yang terjadi pada 2014. Peristiwa pada Kamis, 6 Maret 2014 ini merenggut delapan jiwa dan dua puluhan lainnya menderita luka-luka. Tribun Timur.com melaporkan, bus yang ditumpangi warga Kecamatan Camba dan Cenrana, Maros mengalami kecelakaan di Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur.

Bus terguling ke jurang dan akhirnya terbakar. Alat transportasi darat itu membara di tengah dinginnya udara menjelang pagi. Jerit tangis dan teriakan minta tolong memecah keheningan. Sebanyak 8 penumpang tewas, dari 29 yang selamat, sebanyak 5 orang luka berat dan 6 luka ringan.

Korban mayoritas adalah petani yang hendak menuju Poso, Sulawesi Tengah. Sang pengemudi saat kejadian adalah seorang pria berusia 20 tahun.

2. Minibus menabrak truk yang sedang berhenti

Memasuki Juli 2014 sebuah kecelakaan maut menimpa mobil travel di kawasan Padang Pariaman, Sumatera Barat. Pagi baru saja menyeruak pada Selasa, 1 Juli 2014 ketika mobil travel menabrak truk yang sedang berhenti di pinggir jalan akibat ban bocor. Sebelum menabrak truk, mobil travel sempat berserempetan dengan minibus lain dari arah berlawanan hingga akhirnya berujung petaka.

Delapan penumpang mobil travel Mitsubishi L 300 meregang nyawa. Peristiwa yang terjadi di Jalan Raya Padang-Bukittinggi Kilometer 56, tepatnya di Pasar Surau Nagari Guguak, Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat itu bahkan menarik perhatian tim Mabes Polri untuk melakukan penelitian.

Tim Traffic Accident Analysis Mabes Polri bahkan harus mengambil gambar dari udara dengan menggunakan helicam.

3. Bus terguling di tikungan jalan

Senin sekitar pukul 04.10 WIB, 13 Oktober 2014, menjadi catatan kelam bagi penumpang bus Harapan Jaya. Sebanyak 35 penumpang bus tak membayangkan sebelumnya bahwa bus yang mereka tumpangi harus terguling di tikungan Jalan Raya Waru, Sidoarjo.

Laman vivanews.co.id menyebutkan, bus bernomor polisi AG 7900 UR itu terguling saat adu cepat dengan sesama bus penumpang Sumber Selamat (dulu bernama Sumber Kencono), selepas keduanya keluar dari Terminal Purabaya, di Bungurasih, Sidoarjo. Sebanyak tujuh orang meninggal dunia akibat kecelakaan tragis tersebut. Sedangkan penumpang lainnya menderita luka-luka.

Sang sopir melarikan diri setelah berhasil keluar dari bus maut. Namun, selang tiga hari kemudian sang sopir menyerahkan diri ke Kepolisian Resor Kediri untuk selanjutnya dibawa ke Polres Sidoarjo.

4. Truk pengangkut siswa SD masuk parit

Ini adalah peristiwa tragis yang merenggut tunas-tunas muda Nusantara. Tujuh siswa Sekolah Dasar (SD) PT Torus Ganda (Torganda) meregang nyawa akibat kecelakaan di perkebunan kelapa sawit Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, Labuhan Batu Utara (Labura), Sumatera Utara. Truk modifikasi yang mereka tumpangi masuk ke parit.

Pihak kepolisian menyebutkan bahwa peristiwa itu adalah kecelakaan tunggal. Sang sopir diduga lalai, selain fatalnya kecelakaan karena kondisi parit yang dalamnya sekitar empat meter. Sang sopir melarikan diri seusai kejadian.

Saat kejadian, truk yang hendak mengantar pulang siswa SD itu berpapasan dengan kendaraan lain. Kepolisian menduga rem truk rusak sehingga nyelonong masuk ke parit.

peringkat laka sebab mati


5. Tabrakan motor dikendarai anak di bawah umur

Bila empat kecelakaan paling maut melibatkan minibus, truk, dan bus, dua kecelakaan maut lainnya adalah yang melibatkan sepeda motor. Kecelakaan tragis pertama terjadi pada Sabtu sekitar pukul 12.30 WIB, 13 September 2014, di Jalan Raya arah Tuhemberua, desa Afia, kecamatan Gunung Sitoli Utara, Nias, Sumatera Utara.

Kecelakaan maut antara sepeda motor dengan sepeda motor itu merenggut tiga nyawa dan satu korban luka berat. Ironisnya, ketiga korban tewas maupun luka tersebut baru berusia 14 dan 15 tahun.

Tabrakan diduga saat kendaraan melaju cukup kencang. Sepeda motor yang satu hendak mendahului kendaraan lain dan dari arah berlawanan datang sepeda motor lainnya sehingga terjadi tabrakan.

6. Kecelakaan sepeda motor dikendarai lima orang

Duka nestapa menimpa satu keluarga di Jakarta. Sepeda motor yang ditumpangi satu keluarga, yakni bapak dan empat orang anaknya terjerembab di aspal yang berlubang ditabrak truk. Bapak dan dua anaknya meninggal dunia, sedangkan dua anak yang lainnya menderita luka-luka.

Peristiwa kecelakaan tragis tersebut terjadi di di Jl Cakung-Cilincing, Jakarta Utara, Senin sekitar pukul 11.00 WIB, 8 Desember 2014. Saat kejadian, sang bapak yang menjadi pengendara hendak mendahului, namun terkena lubang jalan dan terjatuh.

Posisi jatuh menjadi runyam manakala saat bersamaan melintas truk trailer yang akhirnya melindas korban. Lokasi kejadian cukup rawan mengingat banyak dilintasi truk besar dan terdapat jalan berlubang.

Memasuki tahun 2015, kita semua berharap petaka jalan raya kian menyusut. Cukup sudah anak negeri yang bergelimpangan di jalan raya lantaran kecelakaan lalu lintas jalan. Sepanjang 20 tahun terakhir, Indonesia harus kehilangan lebih dari 300 ribu anak bangsa akibat kecelakaan lalu lintas jalan. (edo rusyanto)

foto:vivanews.co.id

Iklan
2 Komentar leave one →
  1. 5 Januari 2015 13:29

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  2. 8 Juni 2015 13:08

    yaallah , periksa keaman dan kelengkapan sebelum memulai perjalanan dan berhati-hatilah , jangan lupa ber do’a sebelum berpergian 🙂 semoga selamat sampai tujuan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: